Mohon tunggu...
nandutganss
nandutganss Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Pariwisata Universitas Gadjah Mada

S1 Pariwisata UGM 2019. Ananda Aryaduta Prabanarawangsa

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pantai Sedahan, "Hidden Gem" bagi Para Pecinta Alam

21 Maret 2020   21:20 Diperbarui: 21 Maret 2020   21:31 213 10 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantai Sedahan, "Hidden Gem" bagi Para Pecinta Alam
sumber : nasirullahsitam.com

Bagi para pecinta alam, mungkin tracking dan camping di gunung sudah terlalu biasa, tetapi bagaimana dengan tracking dan camping di pantai? nah, Pantai  Sedahan menawarkan aktivitas tracking dan camping tersebut.

Pantai Sedahan beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini Pantai Sedahan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, itulah mengapa nuansa asri dan bersih di pantai Sedahan masih terasa kental.

Belum lagi dengan akses jalan menuju pantai Sedahan yang masih bebatuan, bahkan setelah sampai parkiran kita perlu berjalan atau bahasa gaulnya "tracking" karena lokasi yang tidak dapat dijangkau menggunakan kendaraan.

Tracking yang harus ditempuh untuk sampai ke bibir pantai berjarak sekitar 3kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 -45 menit dengan track batu kapur dan batu karang bahkan berlumpur jika turun hujan.

Sesampainya di pinggir pantai, kita disuguhkan dengan hantaran pasir putih bersih yang luas, serta birunya air laut, seakan-akan rasa lelah setelah tracking terbayarkan.

Pantai Sedahan memiliki bibir pantai yang terbilang cukup luas, dan bibir pantai ini yang digunakan oleh para pengunjung untuk berkemah. Biasanya saat weekend atau liburan panjang, banyak anak-anak muda yang berkunjung ke Pantai Sedahan untuk bercamping bersama sahabat. 

Keunikan Pantai Sedahan lainnya adalah pantai ini diapit oleh dua bukit karang yang menjorok ke tengah laut, membentengi sisi kanan dan kiri pantai, membuat nuansa "Hidden Gem" semakin kental. Bukit karang tersebut juga bisa didaki oleh pengunjung melalui jalan setapak.

Rute dan track pendakian bukit atau tebing Pantai Sedahan terbilang sulit bahkan berbahaya bagi pengunjung, tetapi menjadi daya tarik tersendiri karena cukup menantang aderenalin. Bukit ini menjadi salah satu alasan mengapa Pantai Sedahan merupakan "Hidden Gem" bagi para pecinta alam. 

sumber : wisatakaka.com 
sumber : wisatakaka.com 

Di Pantai Sedahan, pengunjung juga dapat bermain air, tetapi dihimbau agar tidak terlalu jauh dari bibir pantai karena ombak pantai selatan yang terkenal besar. Saat air laut surut, batuan karang terlihat di permukaan. Suara deburan ombak yang menghantam karang menambah nuansa tenang dan rileks pada Pantai Sedahan.

sumber : koleksi pribadi
sumber : koleksi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x