Mohon tunggu...
Nanda Putri Rahmania
Nanda Putri Rahmania Mohon Tunggu... Freelancer

Seorang yang belajar menulis, hobi menggambar, dan menyukai es teh manis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

4 Langkah Ampuh Ilangin Bruntusan

2 Oktober 2020   20:17 Diperbarui: 2 Oktober 2020   20:37 42 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Langkah Ampuh Ilangin Bruntusan
Sumber: Kapanlagi.com

Halo! Kali ini aku mau bahas bruntusan. Sorry banget ya kalo artikelnya panjang. Artikel ini aku tulis berdasarkan pengalaman aku sendiri, udah aku coba di beberapa temen aku, dan alhamdulillah cukup berhasil. Hayo siapa yang lagi bruntusan? Lanjutin bacanya!! 

Bruntusan sebenarnya termasuk salah satu jenis jerawat. Kalo kalian pernah denger whiteheads, nah bruntusan termasuk jenis whiteheads ini. Bruntusan biasanya muncul satu, dua, atau bahkan banyak berbentuk bintik-bintik di area wajah seperti dahi dan dagu. Whiteheads ini muncul karena adanya penumpukan minyak, kotoran maupun sel-sel kulit mati.

Walaupun kecil, bruntusan sering bikin ga pede lho

Terus gimana dong cara ngilanginnya? Eits, sebelum itu aku kasih tau dulu ya penyebab bruntusan. Penyebab bruntusan:

  1. Bersihin muka ga maksimal. Bruntusan bisa muncul kalau kalian bersihin muka cuma pakai facial wash, atau bahkan gak bersihin muka. Wah alamat langsung muncul deh tuh bruntusan.

  2. Tidak cocok dengan kandungan suatu produk. Kalo ini sih harus coba-coba ya. Contohnya produk yang mengandung alkohol, fragrance atau parfume, bahkan ada yang ga cocok pakai produk alami seperti natural oils. Ada juga yang ga cocok karena menggunakan produk yang moisturizing agent-nya tinggi, contohnya Vit-E. Biasanya untuk kulit berminyak dan acne prone, produk ini bikin muka makin bruntusan atau breakout. Apalagi kalo kandungan ini ditulis di paling utama dalam ingredients produk. Jadi kalau mau pakai Vit-E cari yang  ada di list bawah atau tengah-tengah.

  3. Jarang exfoliasi kulit mati. Kaya yang aku bilang di awal, bruntusan bisa muncul akibat penumpukan sel kulit mati. Jadi kalo jarang exfoliasi, ya tau sendiri kan akibatnya.

  4. Setelah olahraga ga langsung cuci muka atau mandi. Sama seperti poin nomor-3, bruntusan ini muncul karena penumpukan minyak. Mangkannya setelah olahraga langsung cuci muka ya gaes.

  5. Benda kotor di sekitar kita. Contonya nih seprei, handuk, layar handphone, dan peralatan makeup. Soalnya barang-barang ini deket banget sama kita. Jadi kalo udah kotor dan kena muka kita juga, wah, bakteri-bakteri dari benda itu bisa langsung kena muka kita. Ihh jorok banget kan.

Cukup banyak ya yang bikin bruntusan. Tapi jangan khawatir, gak bakal ada masalah tanpa solusi. So, aku bakal kasih solusi buat kalian. Yuk lanjutin bacanya.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x