Mohon tunggu...
Andesna Nanda
Andesna Nanda Mohon Tunggu... You Are What You Read

Sedang Menyelesaikan Program Doktor, Profesional di bidang Perencanaan Strategis, Senang Menulis dan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengapa Kita Kehilangan Gairah terhadap Sesuatu Setelah Kita Mendapatkan Penghargaan?

8 Juni 2021   08:38 Diperbarui: 25 Juni 2021   11:36 930 30 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Kita Kehilangan Gairah terhadap Sesuatu Setelah Kita Mendapatkan Penghargaan?
Hobi Memasak | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Pernahkah kamu mempunyai satu hobi, misalnya memasak dan kemudian kamu mulai membagikan hasil masakan kamu kepada teman dan keluarga sebagai hadiah, dan beberapa di antaranya menyarankan agar kamu mulai menjualnya. Pernah?

Kemudian kamu mulai berpikir itu mungkin bukan ide yang buruk untuk menghasilkan uang tambahan, apalagi kamu memang hobi memasak.

Lantas, kamu membuat toko online dan memutuskan untuk memberikan harga masakan kamu dan order pun mulai berdatangan.

Namun, setelah sekian lama kamu merasa bahwa memasak bukan lagi satu hal yang menyenangkan. Hobi memasak kamu yang dulu terasa sangat kamu nikmati sekarang hanyalah sekelumit aktivitas biasa saja.

Atau pernahkah kamu mencoba hal baru dan kemudian setelah mendapatkan penghargaan dari hal baru tersebut, kamu merasa bosan dan tidak ada gairah untuk mengerjakannya lagi?

Saya pernah. Begini ceritanya, hobi saya adalah membaca dan sejak masih di sekolah dahulu, saya memang senang sekali mengoleksi dan menyusun buku buku tersebut.

Sampai pada suatu saat, impian saya untuk mempunyai perpustakaan pribadi pun tercapai. Namun, ketika saya sampai ke titik tersebut, saya merasa kehilangan sesuatu yang sebenarnya adalah alasan utama saya mencintai buku.

Saya mencintai ketidakteraturan buku-buku tersebut. Saya suka bau wangi kertas-kertas buku yang berserakan setelah saya baca dan corat-coret.

Ketika semua itu menghilang di dalam keteraturan perpustakaan pribadi, gairah saya juga ikut menghilang.

Kalau kamu pernah mengalami hal-hal di atas atau seperti yang saya alami, di dalam behavioral science hal ini disebut dengan Overjustification Effect

Satu fenomena yang menyebabkan ketika kamu mendapatkan penghargaan untuk hal-hal yang kamu sukai, keinginan kamu untuk melakukan lagi hal tersebut terkadang berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN