Mohon tunggu...
Nayla I. Hisbiyah
Nayla I. Hisbiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - ● Mahasiswi Semester Akhir ● Beginner

🍁 Worship | Work | Word | Worth | World 🦩 Menulis yang terbaik dari apa yang pernah dibaca, didengar, dilihat, dan dirasa.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Presentasi di Pesantren

22 September 2021   23:18 Diperbarui: 22 September 2021   23:21 98 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presentasi di Pesantren
Dokumentasi pribadi

Presentasi. Sebuah kata untuk mewakili maju kedepan, membawa materi pembahasan, dilihat banyak mata, grogi, belajar public speech, dan siap menerima lontaran pertanyaan dari teman yang kritis.

Sesederhana itu presentasi bisa terjadi. Tidak usah menunggu adanya active class projector, power point, dan sinar laser kesana kemari sebagai kepanjangan dari jari telunjuk. 

Cukup dengan black board dan kapur tulis, atau white board dengan spidol marker hitam. Tak lupa, teman-teman yang duduk berbaris melingkar yang siap mendengar presentator berorasi.

Khidmat merupakan suasana yang tercipta. Mereka tertuju pada salah satu teman yang ditunjuk, yang mereka panggil dengan sebutan Rais (رئيس). Tugas Rais adalah sebagai pemimpin sekaligus presentator materi. 

Materi presentasi diambil dari kitab kuning yang merupakan kurikulum pembelajaran pesantren. Sesuai jadwal yang ditetapkan madrasah di pesantren, maka itulah kitab yang mereka pelajari.

Teknis pelaksanaan presentasi. 

Mula-mula, Rais mengucapkan salam. Kemudian Rais membacakan beberapa baris redaksi kitab dalam Bahasa Arab. Lalu, mengalih bahasakan ke dalam Bahasa Indonesia atau bahasa keseharian yang memahamkan. 

Setelah itu, Rais menjabarkan maksud yang terkandung dalam redaksi sesuai pemahaman Rais. Terkadang Rais juga akan menulis atau mengilustrasikan di papan tulis untuk mendukung penyampaian pemahaman kepada teman-teman. 

Menjadi Rais pelajaran memang menuntut adanya persiapan yang matang sebelum berhadapan dengan teman-teman. Apalagi yang menjadi Rais 'Aam, maka setidaknya dia adalah orang yang kompeten dalam beberapa disiplin ilmu. 

Mau tak mau dia akan berusaha selangkah lebih maju dari teman-temannya agar ketika ada pelajaran yang belum bisa dipaham, maka Rais 'aam lah yang menjadi rujukan sebelum nantinya kemusykilan dibawa keatas meja guru di kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan