Mohon tunggu...
Mashieta Najwa
Mashieta Najwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 23107030077

manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Melestarikan Keindahan Alam: Upaya Konservasi Penyu di Pantai Pelangi, Yogyakarta

26 Mei 2024   22:25 Diperbarui: 26 Mei 2024   23:04 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana tepi Pantai Pelangi | sumber gambar pribadi

Pernahkah Anda merasakan terpaan  angin laut, hangatnya pasir di bawah kaki, dan suara ombak yang menenangkan pikiran? Pergi ke pantai bukan hanya sekedar liburan, melainkan pelarian dari rutinitas yang melelahkan. 

Pantai memberikan rasa  kebebasan, keindahan, dan ketenangan yang sulit didapatkan di tempat lain. Dari matahari terbit yang memukau hingga senja yang menenangkan, setiap momen di pantai adalah sebuah keindahan. tidak hanya sebuah experience yang membuat hati kita tenang dan damai tetapi kita juga bisa sambil menikmatinya dengan melihat secara langsung keberadaan penyu yang langka. 

tepatnya di sekitar area parangtritis ada sebuah pantai bernama " Pantai Pelangi". Jarak antara Pantai Pelangi dengan Pantai Parangtritis berada cukup dekat satu sama lain di wilayah Bantul, Yogyakarta. 

Jarak antara kedua pantai ini sekitar 2-3 kilometer. Dengan kondisi jalan yang normal dan menggunakan kendaraan bermotor dan bisa juga menggunakan mobil, perjalanan dari Pantai Parangtritis ke Pantai Pelangi biasanya memakan waktu sekitar 5-10 menit.

Durasi perjalanan dapat bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas dan kecepatan berkendara, selain itu di pantai ini juga sudah memiliki fasilitas area parkir walau areanya tidak terlalu luas namun cukup berhubung pengunjung di pantai ini juga tidak terlalu banyak. biasanya pantai ini juga dilalui oleh kendaraan jeep yang menurunkan penumpang di tepian jarak aman pantai.

Sumber gambar pribadi
Sumber gambar pribadi

Pantai ini memiliki banyak ayunan di setiap sisi areanya sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi, selain itu bangku yang disediakan juga cukup mewadahi. jika kamu kelaparan jangan khawatir karena dipantai ini terdapat toko yang menyediakan makanan seperti mie goreng dan minuman- minuman yang disediakan seperti air kelapa dan lain- lainnya. 

Area konservasi penyu pas terletak di samping toko yang dimiliki oleh pak sarwidi. zaman dahulu penyu biasanya dikonsumsi oleh masyarakat sekitar tetapi pak sarwidi memiliki pandangan dan pemikiran yang berbeda terkait keberadaan penyu itu sendiri, pada waktu itu penyu sendiri sudah mengalami fase yang cukup langka maka dari itu munculah pemikiran pak sarwidi terkait melestarikan dan merawat penyu yang kemudian berhasil dan terus dilakukan.

Salah satu penyu yang dilestarikan di konservasi Pantai Pelang | sumber gambar pribadi
Salah satu penyu yang dilestarikan di konservasi Pantai Pelang | sumber gambar pribadi

Pak Sarwidi dibantu oleh rekan- rekannya dengan sukarela menjaga keberadaan dari penyu agar generasi saat ini dan mendatang bisa melihat secara langsung keberadaan penyu. menurut keterangan dari daru selaku founder dari 4k.Yogyakarta, "dana untuk membangun dan menjaga konservasi dari aktivitas ekowisata atau penelitian atau hal-hal yang terkait keilmuan, selain itu bisa datang dari penghasilan toko yang dibangun pak sarwidi disamping tempat konservasi penyu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun