Mohon tunggu...
Nailatus Sadiyah
Nailatus Sadiyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

be happy

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mengaji Semasa Kecil

20 Mei 2022   18:58 Diperbarui: 20 Mei 2022   19:35 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setiap kehidupan seseorang pasti punya sebuah kenang-kenangan terutama kenangan di masa lampau. Walau sederhana dan tidak seperti masa kecil orang lain. Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang ngaji pada masa kecilku dikala lampau itu. 

Pada saat saya masih TK saya sangat mengeyel ingin di daftarkan ngaji. Setelah di daftarkan ngaji saya sangat sekali karena akan bertemu teman-teman baru di TPQ. Tempat TPQ nya tidak jauh dari rumah saya. 

Dikala sore tiba adalah saat dimana berangkat ngaji bersama-sama, biasanya disaat itu saling sampar menyampar satu sama lainnya. Lalu pergi bersama menuju TPQ, biasanya ngaji nya dimulai setelah sholat ashar akan tetapi dulu saya dan teman-teman berangkat pukul 13.00 karena terlalu bersemangat wkwkwk. Sembari menunggu saya dan teman-teman membersihkan masjid, itung-itung sambil mencari pahala.

Ustadz yang mengajar ngaji bernama ustadz kusdianto, beliau yang mengajarkan saya dari saya tidak mengenal huruf hijaiyah hingga bisa membaca al-quran. Ustadz kusdianto adalah sosok guru mengaji yang amat sangat penyabar. 

Beliau tidak sendiri kalau mengajar ngaji, biasanya beliau mengajar bersama anak dan istrinya. 

Dulu saya diajari mengaji iqro, bahasa arab, doa sholat dan masih banyak lagi. Akan tetapi belajar bahasa arab tidak diajar oleh beliau akan tetapi diajar oleh anak beliau. Anak beliau bernama bu lailiek ismatul maula biasanya dipanggil bu lilik.


 Dan istri beliau bernama bu sholihatul huda biasa nya kami memanggilnya dengan bu da. Bu da ini tidak mengajar ngaji setiap hari, biasanya bu da mengajar apabila bu lilik atau ustadz kus saat tidak bisa mengajar.

Setiap hari minggu kegiatan di TPQ adalah praktek sholat dan praktek wudhu. Sebelum melakukan kegiatan ngaji, di TPQ sholat ashar berjamaah. Kegiatan ngaji biasanya selesai pada pukul 16.30. Selain itu setiap hari minggu pagi ada kegiatan belajar tartil bersama se TPQ wagir, biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan di pondok pesantren nurul jadid yang berada di wagir. 

Yang mengikuti kegiatan tersebut hanya murid yang sudah al-quran. Pada saat minggu pagi, selalu kumpul terlebih dahulu di TPQ untuk berangkat bersama-sama dan biasanya diantar oleh orang tua masing-masing. Di TPQ juga selalu mengikuti kegiatan lomba seperti lomba kaligrafi, membaca surat-surat pendek, dakwah, tartil dan masih banyak lagi. 

Setiap mengikuti perlombaan Alhamdulillah selalu menang.

 Setelah pulang ngaji saya dan teman-teman selalu iuran untuk membeli jajan dan minuman untuk dimakan bersama-sama. Setiap anak yang sudah lulus sampai iqro 6 biasa nya di wisuda. Moment ini lah yang paling di tunggu oleh anak-anak di TPQ, karena setiap ada acara ini pasti kegiatan nya seru-seru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun