Mohon tunggu...
Nanang A.H
Nanang A.H Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Penyuka kopi penikmat literasi // Scribo Ergo Sum // Instagram: @kangnanang.ah

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Inilah 6 Tips Menghindari Tulisan yang "Autis"

3 April 2023   15:35 Diperbarui: 3 April 2023   15:36 978
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi membuat tulisan (foto oleh Lukas Bieri Pixabay)

Di bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang penuh hikmah buat saya. Selain mengupgrade keimanan dengan memperbanyak ibadah, baik yang wajib maupun sunah, kali ini saya berusaha juga untuk mencoba mengupgrade skill dalam membuat tulisan. Dan mencoba untuk menelaah dan mengintrosfeksinya apa yang sudah dilakukan dalam menulis selama ini.

Dalam beberapa pengalaman saya menulis,  terkadang ada beberapa  tulisan saya yang ditulis mengalir  sesuai dengan kemauan dan ide  yang ada dalam  pikirkan saya. 

Saya tulis seadanya sesuai dengan pengetahuan yang saya punya, walaupun disertai beberapa rujukan,  dan dipaparkan apa adanya sesuai dengan bisikan dari bathin saya, dan alasan lainnya karena tidak ingin ide tulisan tersebut menghilang kalau lama dibiarkan.

Namun terkadang ada ganjalan dalam hati saya, yang timbul dengan sebuah pertanyaan, apakah tulisan saya itu nantinya akan dibaca banyak orang?, atau hanya sekedar sebagai pelampiasan dari segala keluh kesah dalam pikiran kita.

Sehingga yang dituliskan   hanyalah sekedar untuk memenuhi kepuasan bathin. Kondisi tulisan tersebut yang saya istilahkan sebagai tulisan "autis". 

Meminjam istilah kelainanan penyakit yang mana salahsatu gejalanya  penderitanya asyik dalam dunia pikirannya sendiri. 

Tulisannya terkadang atau boleh jadi menarik, namun berdasarkan perasaan dan pemahaman dirinya sendiri, belum tentu disukai dan dibaca banyak orang

Untuk itu supaya tidak terjebak dalam penulisan yang autis, Dari beberapa pengalaman saya tersebut  kemudian mencari beberapa solusinya. 

Untuk itu disini saya coba berbagi  6 tips supaya tulisan kita tidak tidak tergolong tulisan yang Autis :

1. Tentukan Topik yang Menarik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun