Mohon tunggu...
nadmar kudo
nadmar kudo Mohon Tunggu... -

bla bla bla

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Pertama, Pendaki Misterius dan Amanat Tuhan

29 Januari 2015   13:52 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:10 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Udah lama sejak terakhir tulisan gua selesai, udah banyak juga yang terjadi selama beberapa bulan terakhir ini, banyak hal yang pengen banget gua ceritakan tapi gak sempet gua tulis karna tumpukan tugas yang menggunung akhir - akhir ini. Ngomong - ngomong soal gunung, kali ini gua bakal cerita soal pengalaman gua mendaki gunung tempo hari. 19 Januari 2015, kalo gak salah itu tanggalnya, gua sama rombongan berangkat buat pergi ke puncak Gunung Manglayang di Bandung Timur.

Naik Gunung sebelumnya cuman sebatas keinginan buat gua, Pengen banget sebenarnya tapi ya mau gimana, dari jaman gua SD, SMP sampe gua lulus SMK Semua temen gua kebanyakan anak kota yang dalam kesehariannya nongkrong di tempat - tempat gaul atau sekedar nyangkut di salah satu café sambil WiFi’an. alhasil gua terjebak dalam pergaulan yang menurut gua  membosankan, yang rutinitasnya cuman berkutat dengan obrolan yang sama setiap harinya atau cuman update status galau di sosmed.

Awalnya ini cuman berasal dari obrolan iseng gua sama temen sekelas gua Aldi, setelah ngobrol ngaler ngidul dengan berbagai banyak bahasan, singkat kata Aldi cerita ke gua soal pengalamannya mendaki berbagai gunung di Pulau Jawa. Denger ceritanya Aldi, jujur aj gua tertarik dengernya. Kaya 3 teori efek Komunikasi, Cognitive, Aveksi sama Behavior yang di jelasin sama Dosen Matkul Ilmu Komunikasi gua Pak Dasrun di awal semester’ gua jadi tau, tertarik, plus terpengaruh buat ikut jadi pendaki gunung kaya Aldi. Di akhir aldi ngajak gua buat ikut sama dia di pendakian selanjutnya. udah kaya pelayan di restoran yang nyebutin menu makanan yang ada, aldi nyebutin beberapa gunung di Jawa Barat Buat jadi destinasi selanjutnya. Pengen banget rasanya gua ikut tapi dengan segala ke cool’an yang gua punya dengan santai gua menanggapi ajakannya Aldi, “Oke siap di, gimana ntar ya liat sikon,”.

Setibanya di kostan, gua langsung tepar di kasur seperti biasanya. nyalain musik, nonton tv atau sekedar maen game di laptop. Tapi yaa’ seperti biasanya gua langsung ngerasa bosen seketika itu juga. Sampai akhirnya waktu gua tiduran, gua keingetan sama kata - katanya Aldi betapa menyenangkannya mendaki gunung. So, dengan semangat membara yang gua miliki, saat itu juga gua bangun dari kasur, ngambil HP dan langsung nge Sms aldi,. “Di, Hayo ah naik gunung tea, kapan bisa,.??” Gak lama Aldi langsung respon sms gua. “Hadee,. Hayu dan’ Senen ini gimana, bisa,.?? urang berangkatkeun barengan, ajakin anak-anak yang laen,”. Gak lama setelah itu sesegera mungkin gua langsung nge BM anak-anak di Grup buat ikutan.

Singkat cerita setelah gua ngajakin anak-anak buat ikut, terbentuklah tim ekspedisi pendakian ke puncak Gunung Manglayang. Ada 11 orang yang ikut waktu itu. Selain gua dan Aldi yang puny ide, ada Ariel, Ucuy, Ve, Adi, Deni, Dellah, Tami, Ideh sama Mutia. Setelah deal dan persiapan selesai kita janjian senin sore buat kumpul depan kostan gua yang lokasinya emang luar biasa strategis buat dijadiin tempat pertemuan. Mobil carteran udah sampe, rombongan gua dengan muka anak mall’nya yang masih ceria dengan semangat masuk ke dalam mobil tanpa mengetahui apa yang bakal mereka hadepin ntar.

40 menit perjalanan berlalu, akhirnya kita sampe di daerah Jatinangor atas, turun dari mobil gak lama kita langsung caw menuju ke tempat perkemahan buat kita bermalam sebelum mendaki subuh harinya. Satu jam selanjutnya gua abisin sama rombongan buat jalan kaki ke lokasi perkemahan. sejauh yang bisa gua lihat, jalanan semakin menanjak dan menanjak. Setelah lewat pemukiman warga, perkebunan dan hutan sepanjang jalan, sepanjang itu pula gua liat temen-temen gua mulai di uji fisiknya, gak ada masalah sih kalo sama anak-anak cowok, tapi beda cerita buat yang cewek. Ve masih anteng aj jalan di depan sementara dellah mulai ngeluarin pose alaynya sambil photo-photo. dua cewek ini emang kuat tiada tara. Tapi di barisan belakang Tami sama ideh udah mulai keliatan lelah. sambil curhat-curhat’an soal cowok mereka nyoba ngilangin rasa cape’nya. Nah yang paling akhir nih si mutia, dari awal mulai jalan udah ngeluh cape lah, berat lah gimana enggak dengan badan yang tebel plus bawan segambreng kaya gitu gak aneh kalo dia cepet ngerasa cape.

Langit semakin gelap, dengan jutaan rintik hujan yang berdatangan nunjukin kalo udah waktunya malem datang. Dua jarum jam di tangan gua juga udah setuju dengan hal itu. Waktunya buat bergegas, gua liat aldi udah ngacir duluan sementara yang lain masih meratapi nasibnya masing-masing di tanjakan. Akhirnya kita tiba di salah satu pos persinggahan sebelum tempat perkemahan. kita mutusin buat nunggu di sana sampe hujan reda. Setelah beberapa abad nungguin hujan’ bukannya reda makin lama malah makin deres aj hujannya. Karna hujan yang terus aj nge Php’in gua sama rombongan kaya yang mau reda tapi gak beres – beres. Akhirnya kita mutusin buat bermalam di pos. Waktu udah nunjukin stengah sepuluh waktu itu, seberes makan dan ber alay’ria sebentar para member cewek mutusin buat tidur, sementara yang cowok pada ngopi, dengerin lagu, ngupil, ngayal jorok atau sekedar gesek – gesek’in badan ke pohon pinus di samping pos, gua gak bisa bayangin perasaannya tu pohon pinus, merasa ternodai mungkin.

Malam semakin larut, gua masih asik mainin harmonika waktu itu’ sementara di samping gua Ariel dengan sarung yang melilit di leher dan topi berburu lebar dengan asiknya ngaduk – ngaduk kopi item, udah kaya penunggu villa Pro. Tapi tiba – tiba keheningan malam waktu itu rubah seketika, gua denger suara cewek menggigil’ dan ternyata itu ve. Ve yang emang dari waktu berangkat kurang enak badan sekarang malah kena hipotermia, suasana yang tadinya tenang dadakan jadi rusuh. Udah kaya teletabies anak cewek pada pelukan ke ve buat ngangetin badannya, gua yang paling deket sama api unggun kebagian buat Masak aer. Lagi khusu’ masak aer gua liat si Adi dengan raut mupeng’nya mau ikutan nimbrung berpelukan sama para cewek. secepat mungkin gua nyambit si Adi pake botol pelastik terdekat yang bisa gua temukan, “Mau ngapain lu di, mau modus lu mah ya’,.?” Dengan santainya adi bilang “ikutan ngangetin dan’ lumayan hehe,”,. Liat si adi yang masih cengengesan waktu itu gua cuman bisa geleng – geleng kepala. Sebenernya gua juga sempet kepikiran sama sih, tapi enggak lah yang penting si ve bisa mendingan, terlebih ada aer yang mesti gua masak sekarang, gua masih bisa modus di lain waktu. Yaa seenggaknya gak di keadaan genting kaya gini.

Beruntungya ve bisa mendingan, sambil nunggu waktunya buat mendaki anak anak balik lagi istirahat. So, setelah waktu nunjukin jam dua pagi, gua sama rombongan siap-siap buat ngelanjutin perjalanan ke puncak. Setelah beres kita mulai ngatur formasi, semua member cowok megang senter buat keperluan jalan, Aldi sama ucuy yang emang udah pengalaman kebagian di depan buat cari rute, di belakangnya ada ve sama dellah. Gua sama deni kebagian di tengah buat bantuin ideh, tami sama mutia sementara Adi sama ariel jaga – jaga di belakang. Perjalanan pun dimulai, awal perjalanan sih rombongan masih anteng – anteng aj tapi semua berubah setelah rute yan kita lewatin dadakan jadi miring parah. Tenaga mulai keluar, keringet mulai keluar, kentut juga mulai keluar, apalagi dalam kondisi tengah malem kayak gitu suaranya jelas banget kedengeran, tapi gak tau dari siapa tuh kentut berasal, masih jadi misteri sampe sekarang.

Makin lama anak – anak mulai keliatan cape, dengan medan yang terjal, licin plus minim pegangan, gak aneh juga sih. Apa lagi Mutia sampe pucet mukanya, engap – engap’an gitu udah kaya ikan gak kena aer, Tapi tetep aj perjalanan masih terus berlanjut. Sambil bersusah payah dengan bawaannya, di depan deni masih sempet buat bantuin si Mutia. sementara itu gua ngawasin ideh sama tami takutnya kepeleset waktu manjat, sesekali gua bantu tami buat manjat, gua dorong ransel atau kalo enggak kakinya biar bisa lebih cepet dapetin pegangan, sesekali juga tangan gua bukannya ngenain ransel atau kakinya, tapi permukaan lunak diantara keduanya. “If you know what I meant,.?!!” Tanpa bermaksud buat memanfaatkan keadaan ya, tapi persis seperti yang dosen gua bilang “Rejeki jangan di tolak boy, mau apapun itu bentuknya mesti di nikmati,.” Terlebih rejeki yang ini memang pantas untuk di nikmati ;).  Okey, Let’s move on,.

Mungkin lo kira enak jadi gua, kenyataannya enggak’  gak jarang gua ketiban kakinya tami waktu kepeleset atau kalo enggak dia nyenggol batu diatas, dan dengan santainya itu batu mendarat di jidat gua, walopun batunya gak gede’ tapi seenggaknya cukup buat bikin jidat gua penyok, ya mungkin ini semacam karma buat gua karna rejeki terlarang yang gua dapet sebelumnya. terlebih gua masih was – was kalo aj gua sendiri yang malah kepeleset atau yang lebih parah, tiba – tiba mutia dengan ketebalan badan plus bawaanya yang lumayan berbobot ambruk dari atas dan nimpa orang – orang dibawahnya, pan horror juga kalo gitu caranya, tapi beruntungnya itu sama sekali gak kejadian.

Beberapa saat kemudian ideh maju duluan, gak tau kenapa’ mungkin karna udah gak sabar buat sampe di puncak, atau mau cari posisi yang lebih aman karna klo ideh tetep ada di belakangnya mutia dan tiba – tiba dia ambruk, skak mat udah. Gak lama setelahnya tami juga ikutan pindah kedepan, sekarang di barisan tengah ke belakang tinggal ada deni, mutia, gua, adi sama ariel. Gua minta deni buat nemenin tami sama ideh di depan sementara gua, adi sama ariel yang bakal ngangkut mutia. Gua kebagian tugas nyenterin jalan adi kebagian bantuin manjat dan ariel bawain tasnya mutia.  Sekitar setengah jam setelahnya kita abisin buat ngawal tuan putri yang satu ini. Dikit - dikit istirahat, dikit - dikit minta minum, dikit - dikit pengen tiduran, update status, selfie, makan sushi macem - macem’lah.

Mungkin emang karna dia udah kecapean, waktu ada pohon tumbang yang ngehalangin jalan yang kita lewatin si muti sampe ngerayap gitu buat bisa lewat, dan itupun masih mesti dibantuin sama kita bertiga biar dia bisa lewat. Okeh udah dulu soal mutia, lanjut ke barisan depan dari jauh kedengeran aldi udah teriak - teriak kegirangan. “Ayoo bray, puncak udah deket,.!!”,.

Lima belas meter sebelum sampe puncak adalah medan yang paling menyusahkan buat gua sama rombongan, gak Cuma karna kemiringannya tapi juga karna hampir gak ada akar yang bisa di jadiin pegangan. terlebih karna gak jauh di sebelah kiri kita ada jurang yang curamnya beuuh, gak bakal ada kesempatan kedua pokoknya. Deni sama mutia udah lewat duluan nyisain gua adi sama ariel di belakang. diatas gua liat tami masih kejebak di tempatnya, dengan ke cool’an yang tersisa saat itu gua coba buat ngeyakinin tami buat lanjut. “ayo tam, pelan – pelan aj manjatnya’ woles we, ramdan jagain di bawah’,.!!” Dengan nada agak panik tami masih sempet jawab, “Iya dan, bentar dulu ihh takut jatoh akunya,.!!”. Kali ini tanpa niat buat modus gua bener - bener pengen bantuin tami biar bisa sampe puncak, dengan sambil komat – kamit baca do’a, pelan tapi pasti tami mulai gerakin kaki sama tangannya buat lanjutin manjat, ya biarpun sambil ngerayap yang penting bisa sampe di puncak. Setelah tami beres’ giliran gua yang meluncur ke puncak, gitu juga adi sama ariel, gak butuh waktu lama buat kita bertiga biar bisa sampe.

Akhirnya setelah sekitar dua jam setengah perjuangan kita manjat, gua sama rombongan bisa sampe di puncak Gunung manglayang. Jam tangan gua nunjukin Pas stengah lima pagi, langit yang masih keliatan gelap dan hembusan angin dengan hawa dinginnya menyambut kita waktu itu. Sambil menghela napas panjang dengan penuh rasa lega gua liat anak – anak udah pada duduk berjejer di puncak yang panjangnya 15 meter dengan lebar gak lebih dari satu setengah atau dua meter’an. Di depan, gua liat dellah segitu terharunya bisa sampe puncak, sampe nangis gitu’. gak heran sih, dellah yang emang orang pangandaran yang kesehariannya cuman bisa liat laut, ikan julung - julung atau bapak nelayan yang udah tua pasti takjub sama pemandangan di puncak. yaa seenggaknya itu ekspektasi gua, atau penyebab lain dia nangis mungkin karna bingung mikirn gimana caranya buat pulang ntar.

Anak – anak yang lain masih duduk menikmati rasa lelahnya masing – masing. Gua masih berdiri waktu itu, seperti yang gua bilang sebelumnya langit masih gelap. sejauh yang bisa gua liat, di sekeliling gua adalah pemandangan malam kota Bandung dari atas puncak. Ratusan, mungkin ribuan sinar lampu dengan berbagai warna menghiasi tiap sudut kota waktu itu, gua masih inget sinarnya lampu kendaran yang kerlap kerlip  keliatan gerak dengan rapihnya kaya lukisan hidup kalo gua boleh bilang. Gak banyak suara yang bisa gua denger waktu itu selain hembusan angin di langit pagi yang bakal datang gak lama lagi. Gua teriak sekeras – kerasnya saat itu, dengan dua jam setengah yang kita abisin buat mendaki di medan yang sangat nguras tenaga dan pemandangan yang sebegitu indahnya yang sampe saat ini gak bisa gua gambarkan. dan kalo aj lo bisa liat sendiri apa yang gua liat waktu itu, lo pasti maklum dengan apa yang gua lakukan. Begitu juga dengan temen – temen gua, mereka ikut senyum sambil nikmatin suasana yang ada’ kalo aj enggak karna mau hemat tenaga, mungkn mereka juga bakal ngelakuin hal yang sama.

Sambil nyimpen tas yang dari berangkat terus nempel di punggung gua, gua ikut duduk berjejer kaya yang lain. masih dengan raut muka yang takjub dengan senyum lebar yang gak bisa gua tahan entah kenapa, mungkin karna saking senengnya atau emang bibir guanya aja yang terlanjur kaku karna suhu di pucak yang emang dinginnya bukan main. Kita semua terpaku waktu itu, menyaksikan salah satu dari sekian banyak karya seninya tuhan. yaa’ moment Sunrise yang muncul dengan anggunnya di hadapan kita semua. Sinarnya yang lembut masuk ke setiap sela awan yang turun secara bersamaan. selang beberapa menit dari pertunjukan alam yang amat menawan. masih blom selesei, setelahnya serentak kumpulan awan turun ke dari ketinggian. gua bisa liat Samudera di atas awan, apa yang lo liat di film “5cm”, disini bisa gua rasain sendiri. Sejauh yang bisa gua liat, Cuma ada barisan gunung yang berdiri gagah, lapisan awan yang tertata rapih menutupi langit dengan sinar mentari pagi yang belum terlalu terik, bikin semuanya terlihat agak keemasan. Ini bakal jadi salah satu moment yang gak akan pernah gua lupakan, sama indahnya kaya waktu gua pertama kali pacaran dulu J,.

Tapi berhubung yang ngalamin ini gua, di setiap rentetan pengalaman indah yang gua rasakan pasti ada aj keanehan dan keapesan yang ikut nimbrung, dan bener aj keanehan itu terjadi. Setelah beres menikmati sunrise anak – anak yang udah gak terlalu lelah mulai ngambil kameranya masing – masing dan ber alay’ria. sekedar untuk mengabadikan moment lah, buat cover facebook lah, upload di path buat di liatin sama temen, pacar, selingkuhan atau buat pra wedding sekalian,. “whatever,.!!” Muti bahkan nyiapin beberapa lembar kertas bertuliskan nama - nama temenya buat d’foto satu – satu, ya ada nama temennya, adeknya, pacarnya, emak, bapak, pak rt, sampe tukang gorengan yang  tiap hari nongkrong depan rumahnya. Bersamaan dengan muti yang lagi asik bikin album photo, Waktu itu gua lagi ngobrol barengan ucuy sama adi. Ketika tiba – tiba ada pendaki cowok datang ke puncak sendirian, dengan raut wajah kelelahan dia langsung ngangkat kedua tangannya ke atas, gua masih inget waktu itu dia bawa tongkat kayu panjang di tangan kanannya dia yang datang sendiri udah siap - siap buat teriak untuk merayakan kesuksesannya manjat sampe di puncak. tapi barengan waktu itu ketika dia noleh ke sebelah kanannya dan liat gua sama rombongan yang udah dateng duluan. seketika dia langsung stuck saat itu juga, dalam hitungan detik cowok yang tadi keliatan bangga rubah jadi mati gaya.

Gak lama setelah itu si pendaki solo yang tadi gagal selebrasi tanpa banyak bahasa langsung balik lagi ke bawah, setengah jam kemudian dia datang lagi dengan pengharapan yang sama kalo kita udah pada pulang, tapi masih dengan kondisi yang sama pula gua sama rombongan yang masih enjoy di tempat bikin si pendaki misterius itu sekali lagi ngurungin niatnya dan balik dengan muka BT yang gak bisa di sembunyikan. dan sampai saat pulang, gua sama rombongan gak liat pendaki misterius itu lagi. Dalam hati gua ketawa heran, tapi gua bisa ngerti sih perasaannya dia dengan perjuangan yang amat sangat dan ketika sampe di puncak lo yang tadinya pengen teriak sekeras – kerasnya buat ngilangin rasa lelah ternyata udah keduluan sama orang lain, terlebih temen – temen gua yang dia liat waktu itu lagi siap - siap buat makan emang terlihat kaya kumpulan anak muda yang lagi piknik dengan bahagianya, gua gak bisa bayangin betapa Bt’nya itu orang. Yang kepikiran sama gua saat itu dia langsung cari puncak lain buat di panjat atau langsung terjun ke bawah saat itu juga karna saking putus asa’nya, “Who Knows,.?!!

Gua masih terduduk menikmati suasana langit pagi saat itu, ketika semua keindahan yang gua saksikan berubah. Semuanya berubah bukan karna Negara api menyerang, tapi semuanya berubah karna tiba tiba perut gua ngirimin sinyal motorik ke otak yang dengan segera di translate jadi rasa mules yang tiada tara,. “DAMN,..!!!!”,. dalam hati gua cuma bisa bisa bilang “Kenapa sekarang sih,.??!!”,. seketika gua sadar jam – jam segitu emang jadwal rutinnya gua buat ritual pagi, tapi masalahnya gua gak lagi di kost’an, masalahnya gua lagi di puncak gunung sekarang. Masih dengan rasa mules dan kebingungan yang amat sangat, gua berpikir keras gimana caranya bisa menyelesaikan masalah hidup yang begitu pelik ini. Udah berbagai cara gua coba mulai dari nyimpen batu di saku, lari di tempat, diri terbalik pake tangan, apapun itu yang penting item pembuangan gua bisa balik lagi ke perut. seengaknya sampe gua dapet tempat yang tepat buat pelepasan. masalahnya makin lama rasanya item pembuangan gua udah ada di ujung landasan dan udah ngasih kode darurat buat take off

Di saat gua masih menderita dengan apa yang terjadi, sambil nahan ketawa Ucuy nyeletuk ke gua, dia bilang,. “Wiss dan, ngegali aj wellah, daripada kebobolan disini’ bahaya ntar”. Denger apa yang di bilang ucuy’ gua agak jengkel sebenernya, tapi setelah dipikir – pikir mungkin ini memang satu – satunya cara buat mengakhiri derita hidup yang gua alami saat ini. Bisa bahaya juga kalo gua kebobolan di celana, apalagi di depan cewek, image cool gua bisa hancur berkeping – keping. Dan kalo sampe kejadian ini bisa jadi peristiwa paling bersejarah buat gua dan memalukan pula. So, tanpa pikir panjang lagi gua segera menjauhkan diri dari rombongan dan sesegera mungkin cari spot yang strategis buat ngelakuin ritual pelepasan. Setelah beberapa saat menjelajahi semak – semak di sekitar puncak, akhirnya gua nemuin tempat yang cukup strategis. Dan akhirnya waktunya pun tiba, dengan rasa pasrah dan keputus’asaan yang amat sangat gua mulai menyisihkan celana. ketika tiba – tiba si adi dengan lantangnya manggil nama gua,. “Damn it, assem lu di,.!!”. gua kaget luar biasa, yang terlintas di benak gua saat itu Cuma satu “haah, Ancur udah dan,. Terjun ke jurang aj sekaliann,.” Tapi keajaiban terjadi, tuhan emang adil rasa mules gua yang dari tadi terus meneror tiba – tiba ilang gitu aj, mungkin ini yang namanya mukjizat ya,.

Untungnya gua tadi baru buka restleting doang, secepet mungkin gua benerin celana dan nyamperin si adi semprul yang ngagetin gua tadi. Nggak lama gua balik lagi gabung ke rombongan buat ikutan photo sebelum siap – siap buat pulang ke kost’an. Setelah puas ngabisin waktu dan mengabadikan moment di puncak gunung, akhirnya kita mulai perjalanan pulang. Karna udah agak terang, rute yang kita lewatin tadi malem udah keliatan. Kali ini gua kebagian di depan buat mimpin rombongan. Si adi yang tadinya ngecengin waktu gua mules tadi sekarang kebagian giliran juga, saking gak konsennya karna mules dia ampe kepeleset di lanjut gugulitikan di tanah pas jalan waktu turun dari gunung. Dua jam berlalu akhirnya gua sama rombongan bisa sampe di kaki gunung. Gua liat Ariel, Ve sama dellah udah nyebur duluan di sungai deket lapangan perkemahan yang tadinya mau kita tempatin kemaren. Raut lega menghiasi wajah ketiganya. Gak lama setelah itu gua, tami, ideh, deni sama mutia ikutan gabung nyebur ke sungai buat ikutan ngebersihin badan sementara Adi, aldi sama ucuy ketinggalan di belakang. Beres bersih - bersih kita istirahat di bawah pohon gede di ujung lapangan, ada sejaman kurang lebih kita abisin buat tiduran sambil nunggu mobil yang jemput datang.

Setelah puas istirahat, akhirnya waktunya buat kita pulang, dengan tenaga yang tersisa gua sama rombongan jalan kaki ke tempat kita janjian sama sopir yang bakal jemput nantinya. Mobil jemputan udah dateng, setelah semuanya naik si sopir langsung memacu mobilnya ke kostan gua di Jln Sulaksana - Antapani, tempat yang sama waktu kita berangkat sebelumnya. Di dalam mobil gua keingetan lagi sama banyak hal yang terjadi waktu gua manjat ke puncak gunung Manglayang. Berjalan, menanjak, terjatuh, merangkak mengerahkan seluruh tenaga buat sampe puncak cuman untuk bisa lihat satu potongan kecil dari sekian banyak keindahaan ciptaan tuhan. Hal yang bisa kita lakukan hanya mensyukurinya, menjaganya sekalian kalo bisa. Karna gak bisa di pungkiri tugas kita manusia salah satunya adalah merawat dunia dan seisinya ini jadi satu dari sekian amanat penting tuhan lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun