Mohon tunggu...
Nadia
Nadia Mohon Tunggu... Part of @jambishoppingdayy

An old souls of young woman 💖 Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Waspadai Virus Monkey Pox dan Ketahui Penyebab, Pencegahan dan Penanggulangannya

15 Mei 2019   22:35 Diperbarui: 15 Mei 2019   22:59 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspadai Virus Monkey Pox dan Ketahui Penyebab, Pencegahan dan Penanggulangannya
Wikipedia.com

Beredar kabar bahwa terjadi kasus virus MonkeyPox di singapura  ? sebenarnya apasih virus monkeyPox? Penyakit monyekPox atau yang dikenal dengan cacar  monyet ialah infeksi virus yang termasuk langka . karena penyakit ini secara umum memiliki gejala yang mirip dengan smallpox , pertama kali ditemukan dibenua afrika tepatnya di republik 


Demokratik Kongo pada tahun 1970 , dan sering ditemukan di afrika tengah dan barat . Kini virus ini ditemukan di Singapura dan bahkan Indonesia kasus terparah ialah bisa menyebabkan kematian.Penyebab cacar monyet ialah infeksi virus monkeyPox , virus ini hidup dimanusia maupun hewan . dan termasuk kedalam virus dari genus orthopoxvirus dan cukup langka.


Penularan MonkeyPox dapat melalui hewan dan manusia , hewan yang mungkin menularkan ialah monyet , tikus dan tupai dengan penularan melalui gigitan , kontak langsung hingga konsumsi daging hewan yang terinfeksi . sedangkan untuk penularan antar manusia dapat melalui air liur , kontak fisik dari korban terjangkit maupun benda yang terindikasi terkena cairan tubuh korban juga bisa menyebabkan penularan.


Gejala cacar monyet:
Masa inkubasi atau sejak awal virus masuk hingga menimbulkan gejala ialah antara 10-14 hari , gejala hampir mirip dengan cacar air namun intensitasnya cenderung lebih ringan. Disertai demam , sakit kepala , tubuh lemas , sakit otot dan persendian , ruam kulit yang berisi nanah , pembesaran kelenjar getah bening.

Untuk diagnosis pasti harus dilakukan cek di laboratorium khusus dengan cara memeriksa sampel lesi atau darah dan serum.


Cara mengobati :
Hingga kini belum terapat penelitian yang menkonfirmasi cara pengobatan yang ampuh , pengobatan hanya dilakukan dengan cara seperti memberikan obat analgesik dan antiseptik serta istirahat total.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x