Mohon tunggu...
Nadia Stovina
Nadia Stovina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Deparetmen Statistika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dukung Pentingnya Data di Era 4.0, Mahasiswa Undip Berikan Pelatihan Pembuatan Infografis dan Pengolahan Data

29 Juli 2021   13:21 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:16 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dukung Pentingnya Data di Era 4.0, Mahasiswa Undip Berikan Pelatihan Pembuatan Infografis dan Pengolahan Data
Kegiatan Pengenalan Infografis/Dokpri

Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)Tim II periode 30 Juni -- 12 Agustus 2021 di kampung halaman masing-masing (KKN pulang kampung). 

KKN tersebut mengusung tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan  Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". Dalam situasi pandemi Covid-19 maka KKN Tim II Undip dilaksanakan secara online sebagai bentuk upaya untuk mencegah rantai penyebaran Covid-19.

Nadia Stovina, Mahasiswa jurusan Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Lusi Nur Ardhiani, S.Psi, M.Psi berhasil menyelenggarakan dua program kerja di Desa Bakaran Wetan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati.

 Kedua program tersebut yaitu pelatihan pembuatan infografis dan pelatihan pengolahan data menggunakan SPSS. Dalam pelaksanaan program yaitu secara offline dengan persetujuan dari Dosen Pembimbing KKN dan Kepala Desa. Meskipun kegiatan program kerja dilaknsakan secara offline akan tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pelatihan Pembuatan Infografis 

Desa Bakaran Wetan, Kabupaten Pati (11 Juli 2021) -- Mengacu pada kehidupan era 4.0 tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang pesat. Kenyataan tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa data adalah instrument yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari.

 Dengan adanya data masyarakat bisa mengetahui keadaan dunia saat ini dan bisa mengolah data tersebut yang kemudian menjadi sebuah informasi untuk bahan suatu kajian. Dalam merepresentasikan data dan informasi harus dikemas sedemikian rupa hingga menarik minat pembaca.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam menyajikan data dan informasi dengan efektif dan mudah dipahami, salah satunya adalah melalui infografis. Infografis sangat membantu dalam menjelaskan suatu pembahasan karena penyampaian informasi secara visual mampu membuat kita lebih cepat paham dibandingkan penjelasan dengan teks saja dan diharapkan masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya data yang valid dalam arti bisa dipertanggungjawabkan.

Pelatihan pembuatan infografis ini ditujukan untuk teman-teman karang taruna yang ada di Desa Bakaram Wetan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Materi yang diajarkan dalam kegiatan pelatihan tersebut adalah membuat infografis terkait Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan secara tatap muka. 

Peserta yang menghadiri pelatihan tersebut juga dibatasi yaitu hanya tujuh orang, mengingat adanya PPKM yang mengharuskan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M. Peserta yakni teman-teman karang taruna pada saat mengikuti pelatihan memberikan respon yang positif serta antusias yang tinggi dimana hal tersebut terlihat ketika semua peserta berhasil menyelesaikan hasil karya infografisnya.

Hasil Pembuatan Infografis Dari Peserta/Dokpri
Hasil Pembuatan Infografis Dari Peserta/Dokpri
Dengan adanya program pelatihan pembuatan infografis, diharapkan dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan softskill khususnya teman-teman karang di Desa Bakaran Wetan taruna untuk membuat karya yang menarik, sehingga informasi yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x