Mohon tunggu...
MUHAMMAD RIZKY NABILLA RAHFAL
MUHAMMAD RIZKY NABILLA RAHFAL Mohon Tunggu... TARUNA MUDA POLTEKIP ANGKATAN 55

MEMBACA ADALAH JEMBATAN ILMU

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perwujudan Tujuan Pemasyarakatan

18 Juni 2021   18:21 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:02 21 1 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang  yang berarti sebuah proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Setiap manusia memiliki hal untuk mendapat pendidikan dari usia muda sampai usia tua. Pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia karena memiliki fungsi untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri setiap manusia. 

Pendidikan juga berperan penting dalam memajukan bangsa untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas. Pendidikan juga mampu meningkatkan jiwa nasionalisme bagi warga negara. Dalam pendidikan guru memiliki peran yang begitu penting. Guru merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Karena guru berperan langsung dalam mendidik para siswa di dalam kegiatan pembelajaran.

Pendidikan tentu bertujuan untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan memiliki karakter yang baik. Di dalam dunia pendidikan, karakter merupakan salah satu hal penting yang sangat perlu diperhatikan. Karena karakter adalah salah satu modal untuk membentuk pribadi yang baik dan bertanggungjawab. 

Pendidikan karakter adalah salah satu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan para siswa agar dapat maksimal dalam menciptakan karakter yang baik secara pribadi. Sehingga, manusia dapat tumbuh menjadi makhluk yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan lingkungannya. Para pendahulu juga mengatakan bahwa pendidikan dapat mengasah kecerdasan budi yang menjadi kunci utama untuk kehidupan yang makmur. 

Pendidikan karakter setiap manusia tentu dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam atau internal dan faktor dari luar atau eksternal. Faktor internal sendiri ialah faktor yang ada dalam diri seseorang yang menjadi dasar seseorang untuk berkembang. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang seperti lingkungan sekitar orang tersebut. Pengaruh lingkungan sekitar biasanya memiliki kemungkinan besar untuk mempengaruhi jiwa seseorang, oleh karena itu sebagai manusia kita perlu membekali diri dengan pendidikan karakter agar dapat menjaga diri daei pengaruh buruk lingkungan sekitar.

Pendidikan begitu dibutuhkan setiap manusia dalam kehidupan berbangsa. Dengan adanya pendidikan maka kehidupan akan menjadi lebih baik. Salah satu pendidikan yang berperan penting adalah pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan ini berkaitan erat dengan pendidikan karakter, karena didalam pendidikan kewarganegaraan terdapat pembelajaran mengenai ideologi Pancasila yang dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan. 

Dalam pendidikan kewarganegaraan orang orang akan diajarkan mengenai pentingnya nilai nilai Pancasila. Tak hanya itu namun didalam pendidikan kewarganegaraan juga diajarkan pilar pilar Bangsa seperti Negara Kesatuan Republik Indonesia, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Dengan mempelajari hal hal tersebut maka secara tidak langsung warga negara juga ikut dalam proses pertahanan dan keamanan Bangsa. Selain itu warga negara juga diharapkan mampu menyadari perbedaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap sesama.

Pendidikan kewarganegaraan memiliki tujuan untuk menciptakan warga negara yang memiliki rasa nasionalisme dan kesadaran untuk melindungi Bangsa. Selain itu dengan pendidikan kewarganegaraan diharapkan warga negara mampu menciptakan kehidupan yang berpedoman pada Pancasila. Pendidikan kewarganegaraan memiliki pengaruh besar dalam membentuk karakter seseorang. Oleh karena itu setiap warga negara hendaknya harus mempelajari mengenai pendidikan kewarganegaraan agar mereka mampu menjadi warga negara yang lebih baik dan memiliki moral .

Proses pembinaan warga binaan, lembaga pemasyarakatan memiliki tujuan untuk menciptakan warga binaan yang berkarakter positif. Selain itu lembaga pemasyarakatan juga ingin agar setiap warga binaan mampu berubah menjadi individu yang lebih disiplin agar nantinya ketika dibebaskan mereka dapat diterima lagi dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan yang diberikan pada warga binaan maka diharapkan warga binaan dapat menyadari kesalahan mereka dan sedikit demi sedikit merubah dirinya menjadi lebih baik. Di dalam pendidikan kewarganegaraan juga diajarkan mengenai peraturan peraturan pemerintah yang harus dipatuhi. Dengan hal tersebut maka warga binaan dapat belajar untuk tidak melanggar peraturan yang ada.

Setiap penghuni lapas pasti memiliki agama, ras, atau budaya yang berbeda oleh karena itu diperlukan adanya toleransi agar tercipta kehidupan yang damai dan tentram. Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan maka diharapkan warga binaan dapat menyadari bahwa antar manusia pasti memiliki perbedaan dan sebagai manusia kita harus memiliki sikap toleransi yang tinggi sesuai dengan ajaran Bhineka Tunggal Ika. Pendidikan kewarganegaraan juga mengajarkan pada kita untuk senantiasa hidup dalam kedamaian dan menghindari pertikaian yang mampu memecah belah Bangsa. Lembaga pemasyarakatan adalah tempat bagi warga binaan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas. Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan maka dapat membantu lembaga pemasyarakatan untuk mencapai tujuannya dalam membina para penghuni lapas.

Pendidikan kewarganegaraan berperan penting untuk lembaga pemasyarakatan dalam meningkatkan mutu setiap warga binaannya. Pendidikan kewarganegaraan juga diharapkan bisa meningkatkan spiritual warga binaan. Dengan adanya nilai nilai Pancasila yang diajarkan maka warga binaan akan menyadari pentingnya meningkatkan iman dan senantiasa mengingat Tuhan. Para warga binaan juga dapat belajar agar lebih menghargai sesama. Selain itu para penjaga lapas juga diharapkan mampu bertindak adil sesuai dengan sila kelima pancasila yang diajarkan dalam pendidikan kewarganegaraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN