Mohon tunggu...
Nabilla Marina
Nabilla Marina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Internet Mengawasi Kita Sepanjang Waktu

20 Juni 2021   10:23 Diperbarui: 20 Juni 2021   10:25 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: linkedin.com

Seiring berjalannya perkembangan zaman, teknologi menjadi semakin canggih. Bahkan sekarang pun orang-orang hidup bersama teknologi seperti internet. 

Dengan internet, kita bisa mencari apa saja yang kita inginkan. Mulai dari berita, data, produk, dll. dapat kita peroleh dengan sangat cepat. Dengan syarat kita harus memiliki koneksi data seluler atau wifi untuk menggunakan internet tersebut. 

Salah satu teknologi pencarian yang biasanya kita gunakan yaitu Google. Dengan menggunakan Google, semua dapat menjadi mudah. Contohnya fitur Google Slide, dan Google Docs yang dapat memudahkan kita dalam mengerjakan tugas kelompok karna kita bisa sharing dengan rekan kita. 

Google juga memiliki aplikasi seperti Google Foto yang dapat meringankan penyimpanan gadget kita. 

Meskipun teknologi ini memiliki kelebihan yang sangat membantu hidup kita, kita perlu untuk khawatir akan risiko-risiko yang dapat atau bahkan sudah terjadi tanpa kita sadari. 

Saat kita membuat akun Google, contohnya, kita akan diminta untuk memasukkan informasi-informasi pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, bahkan meminta akun cadangan kita yang dapat dihubungkan. 

Kemudian kita akan menggunakan akun Google tersebut untuk login ke aplikasi-aplikasi seperti instagram, tiktok, facebook, dll. Sehingga data, dan aktivitas kita dapat terekam oleh Google. 

Contohnya lagi, ketika saya sedang membicarakan suatu produk di aplikasi chatting dengan teman saya. Setelah itu saya membuka aplikasi lain kemudian yang saya temukan adalah sering kali iklan-iklan bermunculan tentang produk yang saya bicarakan dengan teman saya itu. Padahal saya tidak mencari produk tersebut di aplikasi itu. Itu membuat saya berfikir bahwa semua ativitas saya sudah terekam oleh teknologi ini. 

Banyak kejahatan yang dapat terjadi di internet, seperti pencurian dan penjualan data pribadi, hacker yang dapat meretas akun pribadi kita, dan cyber bullying hingga cyber stalking. 

Sebaiknya kita jangan terlalu percaya hingga transparan tetang hidup pribadi kita di internet. Karena kita tidak tau kejahatan apa yang dapat menghampiri kita menggunakan data atau akun kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun