Mohon tunggu...
Nabilla
Nabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pesan Tersirat pada Album BTS "Love Yourself"

24 Januari 2021   12:39 Diperbarui: 24 Januari 2021   13:03 198 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesan Tersirat pada Album BTS "Love Yourself"
081655900-1537848423-bts-2-600d07ce8ede4860691e4473.jpg

BTS (Bangtan Sonyeondan) atau sebuah boy group asal Korea yang beranggotakan 7 orang member dengan kepopularitasan yang sangat besar dan sering kali menjadi trending di sosial media. BTS yang juga dikenal pada awalnya berasal bukan dari sebuah agensi yang besarpun dapat membuktikan segala kegigihan dan ketekunan dalam berkarier di dunia music dan entertainment. 

Dengan mengandalkan kepopularitasannya tersebut, BTS sering kali mengeluarkan single ataupun album-album yang didalamnya mengandung pesan dan makna yang sangat penting. 

Jadi bukan hanya sekedar mengeluarkan lagu untuk mencapai kepopularitasan yang lebih tinggi, melainkan BTS juga turut menyumbangkan suara dan pemikirannya terhadap apa yang saat ini sedang terjadi dan berharap makna yang tersirat di dalam lagunya tersebut dapat membuat para pendengar dan fansnya lebih memahami dan terbawa akan suasana dalam lagu tersebut.

Karena terkenal dengan makna yang baik di dalam setiap lagunya tersebut, BTS berkesempatan memberikan sambutan pada Pertemuan Majelis Umum PBB Bersama UNICEF yang ke-75 diharapkan dapat menjadi inspirasi orang banyak. 

Salah satu contohnya pada album yang bertajuk 'Love Yourself : Answer' ini sebagian besar single yang dikeluarkan, didalamnya berisi pesan bagaimana kita harus mencintai diri kita sendiri. Berdasarkan pengalaman dan melihat dunia sekeliling, mereka sangat mendukung dan mencoba untuk menanamkan kepercayaan diri dan rasa cinta terhadap diri kita sendiri yang diharapkan para fans dan pendengarnya dapat memahami makna tersebut.

Berdasarkan dengan tujuan sebelumnya, banyak pandangan dan komentar positif yang berdatangan. Seperti pada tour-tour dunia sebelumnya, RM sebagai Leader dari boy group tersebut selalu membubuhkan kalimat 'Love Yourself, Speak Yourself' pada setiap pertemuan tour-nya tersebut, karena diharapkan bagi orang-orang yang saat ini sedang kehilangan kepercayaan dirinya, atau merasa insecure dan tertekan dapat lebih mengetahui siapa dirinya sebenarnya, dan bahwa diri kalian itu penting dibandingkan dengan apapun, maka cobalah untuk memulai memahami dan mencintai diri kalian sendiri dan ungkapkan apa yang ada di dalam diri kalian.

Pesan-pesan yang disampaikan dianggap sangat inspiratif, karena para member BTS pun selalu menanamkan hal tersebut sampai akhirnya saat ini mereka disebut sebagai boyband terbesar di dunia.

Penulis : Nabilla Putri Mahasiswa STISIP Widuri

VIDEO PILIHAN