Mohon tunggu...
nabila zahra
nabila zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mencoba belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Politik

Warna-warni Baru Pemilu 2024

16 Mei 2024   19:56 Diperbarui: 16 Mei 2024   19:58 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemilu 2024 diramaikan dengan tiga pasangan calon capres-cawapres. Tentunya ketiga paslon tersebut bersama tim sukses masing-masing menggunakan strategi untuk menarik suara masyarakat pada berlangsungnya masa kampanye. Uniknya pada pemilu 2024 ini, ketiga paslon menggunakan strategi kampanye yang berbeda dengan tahun-tahun politik sebelumnya yang memberi warna-warni baru pada masa kampanye 2024 ini.

Kampanye? Mendengar istilah kampanye sendiri, Apa yang terlintas pertama kali saat kita membahas mengenai kampanye? Kumpulan massa yang rela berpanas-panasan di tengah lapangan mendengarkan janji capres-cawapres? Menjual visi-misi diruang terbuka? Kampanye sendiri dalam definisi kbbi adalah gerakan atau tindakan serentak untuk mengadakan, melawan aksi, dan sebagainya atau definisi lain kampanye adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon bersaing memperebutkan kedudukan dalam parlemen dan sebagainya untuk mendapatkan dukungan massa pemilih suatu pemungutan suara.

Kampanye yang dilakukan pada pasangan calon nomor urut satu mengedepankan dialog dua arah dengan masyarakat, melalui program Desak Anies dan Slepet Imin, Anies Baswedan dan Cak Imin berkeliling ke kota-kota seluruh Indonesia berdialog langsung dengan masyarakat mengenai permasalahan yang terjadi, program yang dilakukan oleh paslon AMIN menarik antusias berbagai lapisan masyarakat untuk turut hadir dalam dialog dua arah tersebut. Selain itu paslon satu kerap melakukan live tiktok untuk menarik suara dari kaum muda dari media sosial tersebut. Selain itu fenomena untuk muncul di media sosial twitter yaitu akun @aniesbubble yaitu memasukkan unsur fenomena kpop kedalam kampanye paslon nomor urut satu.

Paslon dua dengan pasangan calon Prabowo Gibran yang masih mengedepankan kampanye dengan skala besar untuk menarik suara masyarakat. Pesona jiwa patriotik pada Prabowo tidak dipungkiri dapat membuat massa kampanye membara mendengarkan visi misi yang dijual oleh pasangan calon nomor urut dua. Tidak hanya itu, tren joget gemoy yang menjamur dan ramai di media sosial menjadi hal unik untuk pada paslon Prabowo Gibran.

Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga yaitu Ganjar Mahfud yang sama-sama mempunyai latar belakang masa lalu dari rakyat kecil, menggunakan strategi kampanye yaitu dengan menginap di rumah warga dan mendengarkan keluh warga secara langsung dengan tempat yang sederhana tanpa adanya podium, strategi yang bisa terbilang belum ada pada tahun-tahun pemilu sebelumnya. 


Selain itu program dialog dua arah yang dikenal dengan Malmingan Ganjar dan Tabrak Prof kerap dilakukan oleh pasangan nomor urut tiga. Paslon tiga dengan menggunakan ikon penguin ikut meramaikan media sosial twitter sebagai bentuk kampanye dan dukungan kepada Ganjar Mahfud.

Model kampanye yang unik dari setiap calon memberikan warna-warni baru dalam tahun politik kali ini. Strategi kampanye tidak hanya berfokus pada kegiatan langsung dengan masyarakat namun dengan perkembangan media sosial yang pesat, pasangan calon serta tim sukses masing-masing memanfaatkan media sosial sebagai platform kampanye untuk meraih suara khususnya untuk meraih suara pemilih-pemilih muda. Diharapkan dengan adanya strategi kampanye tersebut banyak masyarakat khususnya pemilih muda dapat bijak memilih pasangan calon capres-cawapres serta ikut memantau jalannya pesta demokrasi Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun