Mohon tunggu...
Nabila Venusia
Nabila Venusia Mohon Tunggu... Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Departemen Administrasi Publik

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Mahasiswa UNY Berkontribusi Aktif dalam Transformasi Digital di BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Melalui Program PLK UNY Magang 2025

17 Juni 2025   18:10 Diperbarui: 17 Juni 2025   18:55 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan sosialisasi terakit digitalisasi pelayanan publik di PT Busanaremaja Agracipta, Bantul (Sumber: Dokumen pribadi penulis)

Yogyakarta -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan kompetensi akademik sekaligus berkontribusi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Salah satu bentuk nyata kontribusi tersebut terlihat dalam kegiatan magang yang dilaksanakan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta dengan periode Februari hingga April 2025. Kontribusi ini diwujudkan oleh mahasiswi Departemen Administrasi Publik adalah Nabila Venusia dari Angkatan 2022 dengan Nainta Agustanta, S.E., M.Ak. selaku dosen pembimbing selama kegiatan magang.

Selama kegiatan magang berlangsung, mahasiswi turut terlibat dalam digitalisasi data kepesertaan, pengarsipan dokumen digital, hingga sosialisasi lapangan ke mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta. Salah satu kegiatan utama yang dijalankan adalah Grebek JMO, yakni program edukasi langsung kepada perusahaan dan pekerja untuk memperkenalkan penggunaan aplikasi JMO Aplikasi JMO sendiri merupakan inovasi BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2021, yang dirancang untuk mempercepat, mempermudah, dan memperluas akses layanan bagi peserta.

Bersumber dari laporan resmi BPJS Ketenagakerjaan menyatakan bahwa hingga akhir tahun 2024, tercatat sebanyak 25,3 juta pengguna aktif JMO di seluruh Indonesia dan terdapat sekitar 72% klaim Jaminan Hari Tua (JHT) kini dilakukan melalui aplikasi JMO yang kini bahkan mampu memproses klaim dengan nominal hingga Rp15 juta dalam satu hari kerja. Bahkan, proses klaim yang sebelumnya membutuhkan waktu lima hari kini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 15 menit berkat penerapan teknologi electronic Know Your Customer (e-KYC). Transformasi ini tidak hanya berdampak pada efisiensi internal, tetapi juga meningkatkan kepuasan peserta serta memperluas akses pelayanan ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk pekerja informal dan pekerja migran.

Melalui Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, mahasiswi tidak hanya memperoleh wawasan dan pengalaman kerja yang relevan di bidang administrasi publik, tetapi juga secara aktif berkontribusi dalam mendorong peningkatan kualitas layanan BPJS Ketenagakerjaan, khususnya dalam aspek transformasi digital. Keterlibatan langsung dalam proses digitalisasi pelayanan publik menunjukkan bahwa kehadiran mahasiswi tidak sekadar bersifat pembelajaran, tetapi juga menjadi bagian integral dari inovasi pelayanan yang lebih adaptif dan efisien. Kegiatan magang ini turut mendukung agenda nasional transformasi digital pelayanan publik sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-16 tentang pembangunan kelembagaan yang efektif, akuntabel, dan transparan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun