Mohon tunggu...
Nabila SofiaAnnisa
Nabila SofiaAnnisa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Dreamies

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pahami Tahapan Perkembangan Moral si Kecil

27 Oktober 2021   23:34 Diperbarui: 27 Oktober 2021   23:59 90 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anak-anak merupakan para generasi bangsa yang akan menjadi penerus dari tokoh-tokoh hebat yang kelak akan membawa kemajuan dan manfaat bagi kehidupan banyak orang. Memiliki anak yang pandai, sopan  dan santun merupakan impian seluruh orangtua. Berkata lembut, berperilaku santun dan bermoral misalnya. 

Tentu hal ini tidak serta merta instan ada dalam diri manusia. Sikap dan sifat yang baik pastinya diciptakan dari lingkungan yang baik. Pembiasaan dan penanaman moral yang baik kepada anak merupakan hal yang wajib dilakukan para orangtua sejak anak dalam usia dini. Begitu pula pendidik, mereka juga wajib menanamkan nilai ini kepada anak didik masing-masing. 

Salah satu cara mengenalkan anak untuk menjadi manusia yang bermoral ialah mengajarkan tentang nilai-nilai agama dan mencontohkannya. 

Orang dewasa yang berada disekitar lingkungan anak secara tidak langsung menjadi panutan bagi mereka. Baik tingkah, tutur kata maupun cara berpenampilan orang dewasa akan menjadi teladan bagi anak-anak karena hakikatnya anak ialah peniru ulung yang menyerap dan meniru apa yang mereka lihat dan rasakan. Dalam membentuk moral yang baik pada anak tentu memerlukan dukungan dari orangtua. Sebagai guru pertama bagi anak, orangtua harus tau pentingnya pendidikan moral untuk anak.

Perkembangan moral perlu dilatih dan dikenalkan  pada anak usia dini. Sebab pada usia ini potensi anak perlu digali dan dikembangkan karena masa ini adalah masa perkembangan terbaik bagi anak. Dan tentunya perkembangan yang terjadi pada masa ini akan mempengaruhi di usia berikutnya. Menurut Abdul dan Jusuf Muzakkir, upaya pendidikan didasarkan pada nilai akhlak yang luhur dan juga mulia. 

Jadi orangtua diharapkan mampu mengembangkan perilaku dan pengetahuan positif dengan dampingan orangtua tentunya. Disarankan kepada para orangtua untuk tahu mengenai tahapan perkembangan moral pada anak usia dini demi memudahkan orangtua dalam memantau dan mengerti akan perkembangan moral pada masing-masing anak. Apa saja perkembangan tersebut? Berikut penjelasannya:

Tahapan Perkembangan Moral Anak Usia Dini

1. Bayi

Anak bayi dikatakan tidak atau lebih tepatnya masih belum memiliki yang namanya kapasitas guna mengembangkan kecerdasan moralnya. Pada usia ini anak masih pada fase hanya mengerti tentang rasa benar dan salah bagi dirinya sendiri. Contohnya adalah ketika bayi merasakan lapar menurutnya ialah salah sehingga ia pun menangis.

2. Batita

Ketika menginjakusia satu tahun, anak-anak masih belum memiliki kemampuan untuk menilai sesuatu sebagai benar maupun salah. Pada masa ini anak cenderung berpatokan pada kata-kata dan perintah ayah dan ibunya saat membedakan salah dan benar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan