Mohon tunggu...
Avana
Avana Mohon Tunggu... Novelis - -

Membaca adalah jendela dunia

Selanjutnya

Tutup

Home

5 Tips Menata Peralatan Dapur Supaya Tidak Berantakan

9 November 2022   16:16 Diperbarui: 10 November 2022   07:54 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buat orang yang suka memasak seperti saya, mengoleksi berbagai jenis peralatan dapur memang menyenangkan. Soalnya, saya jadi bisa memasak dengan lebih maksimal karena seluruh alatnya tersedia dengan baik.

Namun, hal ini juga bisa menjadi kendala besar. Kalau alatanya berserakan, tentu dapur akan terasa lebih sumpek dan sempit. Makanya, beberapa minggu lalu saya memutuskan untuk menata kembali seluruh alat dapur supaya tidak berceceran. 

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan juga untuk menata peralatan dapur di rumah, seperti di bawah ini.

1. Sisihkan Alat yang Tak Terpakai

Sebelum menyusun, saya selalu mengeluarkan seluruh alat dapur dari tempat penyimpanan. Kemudian, saya akan memilih dan menyisihkan alat dapur yang sudah tidak terpakai.

Selain itu, saya juga akan mengganti alat dapur yang sudah terlalu tua dengan yang baru. Bukan tanpa alasan, hal ini saya lakukan supaya alat dapur bisa tetap berkualitas selama digunakan.

Sumber: ruparupa.com
Sumber: ruparupa.com

2. Pisahkan Sesuai Jenis

Setelah itu, saya akan memisahkan kembali alat dapur yang akan dipakai sesuai jenisnya. Misalnya, kumpulkan pisau menjadi satu kelompok, spatula dengan spatula, dan panci dengan wajan.

Jadinya, seluruh alat dapur bisa tertata dan ditemukan dengan lebih mudah kalau lagi dibutuhkan.

3. Manfaatkan Penggunaan Kabinet

Kalau sudah memisahkan sesuai jenis, barulah saya mulai menggunakan kabinet atau ruang penyimpanan di kitchen set untuk menyusunnya. Biasanya, saya letakkan seluruh alat dapur di dalam kabinet bersekat sesuai jenis. 

Saat meletakkan di kabinet, kamu perlu memperhatikan lokasi penempatannya. Susun alat dapur berukuran kecil di kabinet atas dan yang ukurannya besar di kabinet bawah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun