Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda membutuhkan sebuah strategi yang tepat agar bisnis yang Anda bangun dapat berkembang dengan baik. Salah satu strategi yang tepat yaitu dengan melakukan segmentasi pasar.
Segmentasi pasar adalah salah satu aspek penting dalam berbisnis. Pasalnya, dengan melakukan segmentasi pasar, Anda dapat mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis pun bisa dijalankan dengan langkah yang tepat.
Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, maupun perilakunya untuk memahami dan mengenali kelompok konsumen. Menurut Kotler dan Amstrong, segmentasi pasar adalah pembagian target konsumen yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan juga keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan.
Jenis - Jenis Segmentasi Pasar
Pada dasarnya, segmentasi pasar terdiri atas 5 jenis, diantaranya:
1. Segmentasi Perilaku
Sesuai dengan namanya, segmentasi perilaku adalah pengelompokkan target konsumen berdasarkan perilaku konsumen.
2. Segmentasi Demografis
Segmentasi demografis adalah pembagian konsumen ke dalam sebuah kelompok berdasarkan demografi, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, edukasi, hingga ras, serta agama.
3. Segmentasi Psikografis
Segmentasi psikografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan hal - hal yang disukai, aktivitas yang dilakukan, dan pendapat konsumen.
4. Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis adalah pembagian kelompok konsumen berdasarkan lokasi atau wilayah daerah konsumen.Â
5. Segmentasi Firmografis
Segmentasi firmografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan firmografis. segmentasi jenis ini biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan Business to Business (B2B).
Manfaat Segmentasi Pasar
Melakukan segmentasi pasar dapat mendatangkan banyak manfaat pada bisnis Anda, seperti: