Mohon tunggu...
Nabil Annisa
Nabil Annisa Mohon Tunggu... Penulis - Content Marketing

An ordinary girl who love to see city light and have special interests in writing and content creation

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Berikut Pengertian Segmentasi Pasar, Jenis-Jenis, hingga Manfaatnya bagi Bisnis!

20 Juli 2022   11:49 Diperbarui: 20 Juli 2022   11:59 621
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: unsplash.com/@jasongoodman_youxventures

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda membutuhkan sebuah strategi yang tepat agar bisnis yang Anda bangun dapat berkembang dengan baik. Salah satu strategi yang tepat yaitu dengan melakukan segmentasi pasar.

Segmentasi pasar adalah salah satu aspek penting dalam berbisnis. Pasalnya, dengan melakukan segmentasi pasar, Anda dapat mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis pun bisa dijalankan dengan langkah yang tepat.

Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, maupun perilakunya untuk memahami dan mengenali kelompok konsumen. Menurut Kotler dan Amstrong, segmentasi pasar adalah pembagian target konsumen yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan juga keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Jenis - Jenis Segmentasi Pasar

Pada dasarnya, segmentasi pasar terdiri atas 5 jenis, diantaranya:

1. Segmentasi Perilaku

Sesuai dengan namanya, segmentasi perilaku adalah pengelompokkan target konsumen berdasarkan perilaku konsumen.

2. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis adalah pembagian konsumen ke dalam sebuah kelompok berdasarkan demografi, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, edukasi, hingga ras, serta agama.

3. Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan hal - hal yang disukai, aktivitas yang dilakukan, dan pendapat konsumen.

4. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis adalah pembagian kelompok konsumen berdasarkan lokasi atau wilayah daerah konsumen. 

5. Segmentasi Firmografis

Segmentasi firmografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan firmografis. segmentasi jenis ini biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan Business to Business (B2B).

Manfaat Segmentasi Pasar

Melakukan segmentasi pasar dapat mendatangkan banyak manfaat pada bisnis Anda, seperti:

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
    Lihat Entrepreneur Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun