Mohon tunggu...
nabilah mutiara
nabilah mutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasisiwi Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang

Hobi menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Santri Menjadi Garda Terdepan dalam Kemerdekaan Indonesia

16 Oktober 2022   20:41 Diperbarui: 16 Oktober 2022   20:52 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Santri pada umumnya merupakan sebutan bagi orang-orang yang tinggal dan menuntut ilmu agama Islam di pesantren, dibawah asuhan sang Kyai. Dan biasanya santri itu menetap di pesantren tersebut hingga pendidikannya selesai. Lalu ketika telah menyelesaikan pendidikannya, biasanya santri mengabdi ke pesantren tersebut dengan menjadi pengurus.

Mengapa disebut santri? Menurut bahasa, istilah kata santri ini berasal dari bahasa Sansekerta, "shastri" atau chatrik yang memiliki makna "orang yang mengerti isi kitab suci" atau "orang yang selalu mengikuti guru". Ada pula kata yang sama dalam sastra yang berarti "buku".

Ada beberapa ahli yang mengartikan santri dalam berbagai bahasa

1.Menurut Gus Ach. Dhofir Zuhry

Santri berasal dari kata Shastri yang dalam bahasa Sansekerta artinya orang yang mempelajari kitab suci di per Shastrian atau yang biasa dikenal dengan pesantren.

Sehingga dapat diartikan santri adalah seseorang yang belajar ilmu agama di pesantren.

2.Santri berasal dari Bahasa Arab

Kata santri merupakan gabungan dari beberapa huruf dalam Bahasa Arab yakni huruf Sin (), Nun (), Ta (), Ro (), Ya () yang setiap hurufnya memiliki arti. Huruf Sin berarti "Salik Ilalkhoir" yang artinya menempuh jalan spiritual menuju kebaikan. Huruf Nun berarti " Naibu anil masyayikh" yang artinya penerus para pengajar atau mu'alim. Huruf Ta' berarti "Tarku anil maasi" artinya orang yang menjauhi serta meninggalkan maksiat-maksiat. Huruf Ra' berarti "Raghibu ilal khoir" artinya mengharapkan kebaikan. Huruf Ya' berarti "Yarju Shalamah" artinya mengharapkan keselamatan.Sehingga santri merupakan seseorang yang mempunyai sifat-sifat yang telah disebutkan diatas tadi.

3.Santri berasal dari Bahasa Inggris

Santri dalam Bahasa Inggris yaitu dari kata Sun dan Three. Dimana 'Sun' berarti matahari dan 'Three' yang artinya tiga. Sehingga arti dari santri dalam Bahasa Inggris adalah tiga matahari. Bisa diartikan seorang penuntut ilmu yang menguasai tiga hal penting dalam agama yang diibaratkan bagaikan matahari. Tiga hal penting tersebut yaitu Islam, Iman dan Ihsan. Maksudnya adalah santri adalah orang yang beragama Islam, beriman dan berihsan kepada Allah.

4.Dalam Bahasa Ingrris Lainnya yaitu "Suntree"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun