Mohon tunggu...
Nabila DwiHilmiyanti
Nabila DwiHilmiyanti Mohon Tunggu... Kuliner

Penulisan artikel semata-mata untuk memenuhi tugas Mata Kuliah di Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kenali Lebih dalam Sambal Serai Khas Belitung

27 Mei 2019   22:07 Diperbarui: 27 Mei 2019   22:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pulau Belitung,  merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mulai terkenal sejak munculnya film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata. Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Pulau Belitung ini juga memiliki potensi dalam bidang kulinernya loh. Salah satu jenis makanan yang memiliki potensi untuk dikembangkan adalah sambai serai. Sambal serai ini adalah  salah satu sambal khas Pulau Belitung yang berasal dari campuran batang serai, cabe rawit, cabe merah, kemiri, bawang merah dan putih, lengkuas, kunyit, gula, garam dan santan. Sambal serai ini lebih banyak dikonsumsi oleh  masyarakat Belitung sebagai teman lalapan. Tapi sayangnya, sambal serai ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas nih. 

Apasih Manfaatnya? 

Batang serai yang digunakan sebagai bahan utama dalam sambal ini, memiliki banyak dampak positif loh.  Untuk kesehatan, batang serai memiliki manfaat sebagai pencegah terjadinya kanker, mendetok racun pada tubuh, mengobati penyakit anemia, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, melihat dari potensi dalam mengembangkan bisnis sambal serai ini sangat besar dan juga sebagai bentuk upaya mendorong perokonomian Pulau Belitung melalui sektor kuliner, "Sambal Serai Nek Ras" hadir dan siap untuk menjelajah pasar nusantara dan pasar global.

Apa sih Sambal Serai Nek Ras? 

Nama "Nek Ras" yang digunakan dalam brand sambal ini, berasal dari nama seorang nenek yang tinggal di Pulau Belitung, yang memiliki keahlian dalam membuat masakan. Sambal Serai Nek Ras ini akan diluncurkan dengan 4 varian level rasa, yaitu tidak pedas, sedang, pedas, dan sangat pedas. Sesuai banget kan untuk semua orang, baik yang suka pedas sampai sangat suka pedas bisa mencoba sambal ini loh! Dengan memanfaatkan sosial media dan digital marketing, Sambal Serai Nek Ras akan hadir untuk menemani makan kalian agar terasa lebih sedap! 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x