Mohon tunggu...
Nabila Dhia Ramadhanti
Nabila Dhia Ramadhanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akuntansi

Gemar menulis dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Promosi Online Shop Melalui TikTok Bisa Untung Banyak

2 Juli 2022   10:43 Diperbarui: 2 Juli 2022   11:01 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Salah satu cara seller online shop untuk melakukan promosi barangnya adalah melalui media sosial. Ada banyak media untuk melakukan promosi atas online shop kita. Media sosial merupakan salah satu cara yang mungkin bisa dibilang cukup efektif, karena hampir semua orang menggunakan sosial media di kehidupan sehari-harinya. 

Facebook, Twitter, dan Instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh seller online shop untuk mempromosikan produk mereka. Promosi menggunakan aplikasi tersebut menghasilkan untung yang lumayan banyak, dapat menyentuh angka puluhan juta.  Saat ini ada aplikasi baru yang sedang booming di kalangan pengguna sosial media, yaitu TikTok.

Tiktok merupakan salah satu jejaring sosial video musik Tiongkok yang diluncurkan pertama kali pada September 2016. Walaupun sudah diluncurkan sejak tahun 2016 namun aplikasi ini baru meledak pada tahun 2019, apalagi setelah adanya pandemi. Selama pandemi banyak hal yang berubah, kegiatan sehari-hari berubah dan hal yang paling menyedihkan adalah banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka karena pandemi ini. Banyak orang yang awalnya bekerja di kantor, karena pandemi akhirnya di-PHK sehingga mereka mencoba peruntungan dengan membuka bisnis online shop.

Bagi para penjual online shop dapat memanfaatkan TikTok ini untuk mempromosikan barangnya. Ada berbagai cara untuk penjual online shop mempromosikan barang jualannya di TikTok. 

  1. Mengupload video

Seller online shop dapat mengupload video tentang kesehariannya sebagai seller, tentang proses pengemasan barang, video review produk baru atau video-video lainnya yang masih berhubungan dengan online shop tersebut. Jika video ini fyp dan ditonton banyak orang, nantinya akan banyak orang yang akan mengunjungi akun online shop. Sering-sering saja upload video tentang online shop di TikTok, kita tidak ada yang tahu video mana yang akan ramai dilihat oleh pengguna TikTok.   

  1. Melakukan live

Seller online shop dapat melakukan live di TikTok untuk lebih memperkenalkan barang dagangannya, cobalah untuk lebih berinteraksi dengan penonton. Biasanya orang yang menonton live tersebut akan meminta penjual untuk mereview atau try on barang yang diinginkan penonton, jika penonton sudah merasa yakin dengan barang yang ingin dibeli dan mendapatkan penjelasan dari penjual juga, mereka akan langsung membeli barang tersebut melalui ikon keranjang kuning yang sudah ada di bagian kiri bawah layar.

Dua cara tersebut dapat dilakukan oleh seller online shop untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi. Ada banyak seller online shop yang telah berhasil mendapatkan untung banyak karena mempromosikan barang-barangnya melalui aplikasi TikTok ini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun