Mohon tunggu...
Nabiila Putri Caesari
Nabiila Putri Caesari Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta

He has many hobbies, including telling stories, listening to music, photography, editing videography, watching films and reading books. Likes content in finance, lifestyle, film genres, etc. For now, I am still trying to always learn to love writing.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

5 Lika-Liku Mengejar SBMPTN?! Jangan Sampai Salah Jurusan, Maba Wajib Baca Ini!

9 September 2022   03:02 Diperbarui: 9 September 2022   03:04 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi graduate college. Sumber: Unsplash/Pang Yuhao.

Halo semua! Enjoy ya saat membacanya, aku disini hadir untuk kalian yang gelisah tentang dunia perkuliahan, khususnya untuk Maba.

Perkenalkan, aku seorang mahasiswi jurusan jurnalistik, yang sekarang ini menempuh semester 5. Kampusku berada di Depok, walaupun sebutan namanya Politeknik Negeri Jakarta, tetapi letaknya di dalam UI. Mungkin kalian yang sedang baca ini lebih mengenal Politeknik Universitas Indonesia, karena ada perubahan dari pemerintah namanya menjadi PNJ.

Potensi dan Bakat Hadir Tanpa Sepengetahuan Kita?!

Oh iya, sedikit cerita aku lulusan SMK jurusan Multimedia, yang kerjaannya ngedit video, buat film, pokoknya yang kerjanya mengoperasikan adobe, corel, dan sebagainya. Anehnya waktu SMP dulu aku tidak ada niatan untuk masuk SMK, dari hati sudah menetapkan untuk masuk SMA IPA. Eh..., malah masuknya ke SMK. 

Tapi, semasa SMK adalah masa-masa yang berharga bagi aku, walaupun bakat dan potensi aku belum terlihat SMP, akhirnya tumbuh dan berkembang deh saat SMK. Meskipun masa SMK cukup melelahkan, tetapi cukup terbayarkan dengan lingkungan, aktivitas, dan orang-orangnya. Sewaktu SMK aku banyak belajar hal dan sesuatu yang baru. Dari sini aku mulai berpikir, ternyata aku anaknya senang mempelajari hal baru dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

Selama 3 tahun itu aku mengasah bakat dan potensi aku dibidang edit video ataupun foto. Bahkan dari bakat itu, aku jadikan peluang bisnis. FYI, aku anaknya suka banget nyari duit asli!!! Hahaha. Tapi ini bukan bisnis aku yang pertama, sebelum-sebelumnya udah beragam macam bisnis aku coba loh, baik berupa jasa/barang. 

Oke segitu singkatnya, kita fokus lagi. Tiba saatnya kelas 12, fase di mana titik terendah hidup aku mulai dari sini, sekitar tahun 2020 saat pandemi covid-19 melanda. Kegelisahan datang, aku memikirkan masuk perguruan tinggi negeri dengan jurusan apa, di mana, dan bagaimana? Pikiran aku hanya satu, aku ingin sekali masuk PTN, minat ke PTS aku sangat kecil sekali. Sebab sewaktu SMP, dan SMK aku di sekolahkan oleh orang tuaku di yayasan.

Dilema Jurusan? 

Keinginan besar sekali untuk masuk PTN itu tertanam saat kelas 12, namun aku bingung aku ingin masuk jurusan apa? Ya, walaupun sudah ada pilihannya, tetapi aku harus memikirkan secara matang-matang bagaimana cara lolos di jurusan itu dengan nilai yang besar. Setelah melakukan riset yang banyak, aku sudah membuat daftar list jurusan yaitu, Ekonomi, Manajemen, Broadcasting, Ilmu komunikasi, dan Jurnalistik. 

Kenapa ekonomi dan manajemen? 

Pertama aku seseneng itu belajar di dunia ekonomi, dari duduk bangku SD sempat terpikirkan kuliah nanti akan masuk ekonomi/manajemen, pokoknya ketertarikan aku sebesar itu sampai saat ini. 

Selain itu, aku juga selalu mempertegas kalau aku tuh mampu untuk membuka peluang bisnis dan perusahaan. Lalu, kenapa ingin masuk broadcasting, ilkom, dan jurnalistik? Iya karena relevan aja sama SMK yang aku tempuh, broadcasting dan jurnalistik karena aku tertarik kerja di televisi. Kalau ilkom kan lebih universalnya ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun