Mohon tunggu...
Lala_mynotetrip
Lala_mynotetrip Mohon Tunggu... Terus berupaya menjadi diri sendiri

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal|yuk menulis|doakan mau terbitin novel

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Seminar Online Meng-upgrade Skill dan Hasilkan Cuan

15 April 2021   05:11 Diperbarui: 15 April 2021   05:20 175 0 0 Mohon Tunggu...

Salah satu target yang ingin di penuhi selama bulan Ramadan tahun ini adalah bisa mengikuti banyak seminar online, via zoom meeting, IG live ataupun youtube live

Alhamdulillah, niatan baik itu di sambut oleh banyak pihak. Banyak Perusahaan ataupun Lembaga dan bahkan komunitas  yang mengadakan event bermanfaat. 

Banyak yang mengadakan seminar online secara gratis, ataupun berbayar. Bersyukur juga karena bisa join di beberapa komunitas seperti : Mom Academy, cookpad, KMO, Nulis Yuk serta komunitas beberapa Lembaga. 

Selalu ada jadwal zoom meeting yang menarik sekaligus mengasah dan menambah soft skill. Misalnya cookpad mengadakan youtubr live terkait tips memasak makanan sahur ataupun resep kue kering yang tentunya bisa menjadi beragam peluang ya, mulai dari bikin kue sendiri di rumah sampai bisa open PO. 

Kemudian komunitas Mom Academy yang sesekali mengadakan zoom meeting terkait Cara membuat konten menarik maupun cara membaca reporting pada instagram. Tentu akan sangat bermanfaat terutama di era digital saat ini. Kemudian beberapa komunitas seperti influencer wanita, suka membuka peluang untuk para wanita mendapatkan cuan dari aktivitas menonton IG/Youtube live dari sebuah brand. Beberapa waktu lalu brand susu terkenal mengadakan Youtube live yang membahas scale up di masa pandemi. 

Dapat cuan plus dapat ilmu juga, enaknya era digital itu ya begitu. Kita dapat aktif dan memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan cuan tambahan. Tinggal pandai dan bijak saja, mau ikuti konten-konten yang positif atau bagaimana. Influencer tidak harus ber followers jutaan, ada juga influencer yang memiliki followers 1000 an sudah bisa mengikuti campaign tertentu. 

Tahun kemarin sempat ikutan campaign salah satu cat tembok, dari situ Saya belajar pentingnya membuat caption yang menarik serta hastag yang organik. Jadi jangan cuma menggunakan sosial media untuk curhat atau berkeluh kesah, karena saat ini melalui sosial media kita bisa mendapatkan cuan. 

Selain cuan, kita bisa ikutan beragam giveaway ataupun kuis. Masya allah ya, ada banyak peluang untuk menambah penghasilan dan skill. 

Balik lagi, seberapa rajin diri kita mencari info-info berfaedah dan tidak sungkan membuka diri untuk gabung di beragam komunitas. Manfaat yang Saya rasakan ketika join di komunitas : menambah teman/relasi, menambah wawasan, bisa bertanya pada ahlinya dan chat terasa lebih hidup karena tiap komunitas selalu menyajikan info ataupun seminar yang relate dengan kebutuhan kita terutama di saat pandemi seperti ini. 

Tidak ada alasan, sulit memperoleh ilmu di era digital. Soft skill pun dapat di asah serta di tingkatkan melalui seminar online via zoom meeting. Awalnya memang kurang menarik karena seminar nya online tidak langsung bertemu. Lama-lama sejak tahun kemarin jadi terbiasa. Seperti ikutan grup untuk menulis antologi, kami mendapatkan materi via zoom atau kuliah whatsapp (Kuwlap). 

Rajin dan mau mencari info merupakan kunci utama, selebihnya ada atau tidak waktu luang untuk mengasah soft skill? Setiap orang memiliki 24 jam yang sama, tinggal bagaimana memanage nya. Semakin bertambahnya usia, kita perlu mengasah skill diri agar tidak ketinggalan dan mampu bertahan di zaman yang serba cepat nan canggih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN