Mohon tunggu...
Maya Maulida Rifai
Maya Maulida Rifai Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030141

oke, love u

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

Buat Kamu yang Gak Suka Sayur, Yuk Ganti Cara Mengonsumsinya!

23 Juni 2021   13:45 Diperbarui: 2 Juli 2021   08:54 797 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buat Kamu yang Gak Suka Sayur, Yuk Ganti Cara Mengonsumsinya!
Ilustrasi makan sayuran. (sumber: Shutterstock via kompas.com)

Manfaat buah dan sayur itu sangat beragam bila kita mengonsumsi secara rutin. Karena banyak manfaat dibalik keanekaragaman buah dan sayur ini. 

Tapi sayangnya cara pengolahan atau cara mengonsumsinya itu belum tepat. Sehingga nutrisi yang masuk didalam tubuh tidak optimal. 

Sayur adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang mengandung kandungan air tinggi. Beberapa diantara sayuran tersebut dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak.

Namun, ada juga yang membutuhkan proses pengolahan dahulu seperti dikukus, direbus guna memaksimalkan kandungan gizi yang terdapat didalamnya atau untuk menambah cita rasa dari sayuran itu.

Ada juga beberapa jenis tumbuhan/sayuran yang perlu dimasak maupun tidak perlu dimasak. Contohnya mungkin;

1. Tomat, karena tomat ini mempunyai kandungan likopen. Likopen sendiri salah satu anti oksidan yang terbaik yang mana pada tomat ini perannya sebagai anti kanker, kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga meninmialisir kita akan terkena jantung dan stroke. 

Tapi dia bisa optimis keluar kalau kita kukus jadi jika kalian ingin mendapatkan likopen yang lebih banyak ya dengan cara dikukus. Jangan megkukus hingga kulitnya layu  jadi secukupnya saja.

2. Brokoli, brokoli itu ada satu bahan pada brokoli yang namanya sulforphne. Salah satu sumber anti oksdian juga yaitu memiliki zat anti kanker sulforphane. Sulforphane yang terdapat pada brokoli ini kalau kita makan dia bisa masuk ke badan kita lalu dia bisa meng-auto detox. 

Sulforphane ini membutuhkan kerja dari enzim yang namanya miorisinase. Miorisinase ini memang salah satu enzim yang terdapat di brokoli dengan cara dimasak goreng, direbus enzim ini akan rusak, sehingga tidak dapat membentuk zat sulforphane.

Karena zat yang terkandung ini bermanfaat mengurangi risiko kanker. Makanya merebus ini brokoli hanya dapat 3-4 menit saja. 

Cara mendapatkannya gimana? kamu bisa kukus / mentah saja. Jadi salah satu jus detox terbaik itu adalah jus brokoli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x