Mohon tunggu...
M Muzaqi
M Muzaqi Mohon Tunggu... Programmer - Ketua ACM GP Ansor Brebes

www.ansorbrebes.or.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Parenting: Anak Sukses Sekolah, Masa Depan Cerah

22 Agustus 2020   09:53 Diperbarui: 22 Agustus 2020   09:48 556 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Dok : EventKampusCom

Kita kembali lagi pada sesi sharing parenting. Sesi parenting kali ini kita akan membahas bagaimana caranya anak sukses sekolah, masa depan menjadi cerah? Pendidikan sangat penting dan banyak manfaatnya bagi anak. 

Tentunya orangtua perlu mendorong anak supaya sukses dalam bersekolah karena Pendidikan merupakan hak mendasar yang  harus dipenuhi. Pastikan anak-anak untuk memperoleh Pendidikan dari usia dini. Karena akan membantu anak siap bersekolah ke jenjang berikutnya.

Pendidikan bagi anak bisa dimulai dari rumah, dimulai dari saat anak dilahirkan ke dunia. Namun setelah usia anak sudah cukup untuk bersekolah di Lembaga Pendidikan, orangtua sebaiknya memasukan anaknya ke Lembaga Pendidikan, dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini hingga nanti ke tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA). Itu semua akan bermanfaat bagi anak-anak.

Pendidikan yang terkadang dilupakan adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena pembelajaran ini bukanlah suatu kewajiban yang disampaikan pemerintah seperti Pendidikan dasar hingga menenangah. Namun PAUD ini bisa menghantarkan anak untuk membantunya lebih siap Ketika memasuki jenjang Pendidikan dasar (SD atau MI). 

Ini merupakan kesempatan emas bagi anak untuk mendapatkan pelajaran yang lebih baik bahkan punya peluang besar untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. 

Oleh karena itu, jika usia anak telah mencukupi, masukanlah anak ke jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mempercepat anak mendapatkan Pendidikan.

Beberapa kegiatan di PAUD yang bermanfaat bagi anak antara lain : kegiatan bermain sambil belajar di luar ruangan Bersama teman-temannya dan diawasi oleh guru; kegiatan bermain sambil belajar di dalam ruangan Bersama teman-temannya dengan didampingi dan dibimbing oleh gurunya. 

Lantas, bagaimana cara mengidentifikasi Lembaga PAUD di sekitar kita? Pada dasarnya Ketika kita ingin memutuskan sesuatu tentunya harus dipertimbangkan secara matang-matang, terutama kaitan Pendidikan anak.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi Lembaga Pendidikan, khususnya PAUD adalah jarak tempuh, biaya transportasi, dan biaya Pendidikan selama anak bersekolah di PAUD. 

Jika alasan bapak atau ibu tidak mensekolah di PAUD karena kekurangan biaya, mungkin bisa dicoba dengan mengurangi kebiasan jajan anak, dengan dialihkan untuk Pendidikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan