Mohon tunggu...
Siti Muzzayana
Siti Muzzayana Mohon Tunggu... Freelancer

An Engineer, A Writer, DTG UGM 2012, carpe diem

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mempersiapkan Ibadah Haji Sejak Usia Muda

10 Oktober 2020   06:35 Diperbarui: 10 Oktober 2020   07:28 35 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mempersiapkan Ibadah Haji Sejak Usia Muda
Ibadah Haji

Suatu hari saat mengikuti kajian rutin Ahad pagi di Masjid dekat rumah, saya memberanikan diri untuk bertanya kepada Ustadz yang mengisi kajian di hari itu.

"Pak Ustadz, amalan apa yang setara dengan menunaikan ibadah haji dan umroh? Dan bagaimana doa agar kita dimudahkan untuk melakukan ibadah haji dan umroh? Terimakasih."

Pak Ustadz menjelaskan secara sederhana atas pertanyaan yang saya ajukan :
Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima dan wajib hukumnya dilaksanakan jika sudah mampu dan memenuhi kriteria syarat-syarat ibadah haji. Hal ini sesuai dengan yang ada di dalam Al Quran Surat Al Imron ayat 97 : "Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah."
Ada tiga amalan yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan umroh. Pertama, shalat jamaah lima waktu di masjid dan sholat dhuha. Kedua, berdzikir setelah shalat subuh berjamaah di masjid sampai terbit matahari, lalu dilanjutkan dengan melakukan shalat sunah dua rakaat. Ketiga, pergi ke masjid untuk menuntut ilmu atau mencari kebaikan. Sebagaimana penjelasan dari riwayat Abu Umamah, Rasulullah SAW berkata : "Siapa yang berangkat ke masjid hanya untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, diberikan pahala seperti ibadah haji yang sempurna hajinya." (HR At-Thabrani).

Adapun doa agar dimudahkan menunaikan ibadah haji dan umroh adalah sebagai berikut :

Doa agar dimudahkan menunaikan ibadah haji dan umroh
Doa agar dimudahkan menunaikan ibadah haji dan umroh
Setelah mendengar penjelasan tersebut, saya perlahan mulai melakukan apa yang telah disarankan oleh Ustadz. Yang awalnya jarang untuk melakukan ibadah shalat berjamaah di masjid, saya berusaha untuk memenuhinya. Kemudian, sebelum berangkat pergi beraktifitas di pagi hari, saya menyempatkan waktu untuk menunaikan sholat dhuha terlebih dahulu. Ditambah lagi, saya membuat agenda untuk mengikuti kajian rutin di masjid yang diadakan setiap hari Minggu pagi.

Selanjutnya yang paling penting adalah mempersiapkan dana haji yaitu dilakukan dengan membuka tabungan haji dan menyisihkan sebagian uang untuk menabung. Mumpung masih di usia muda, ada baiknya kita sebagai generasi muda untuk mempersiapkan perencanaan berangkat ibadah haji sejak dini. Mengingat daftar antrian keberangkatan haji di Indonesia yang kini memperlukan waktu sangat lama berkisar 15-20 tahun, maka tidak memungkinkan jika kita mulai mendaftarkan haji pada usia lanjut.

Lama antrian Jemaah Haji Indonesia
Lama antrian Jemaah Haji Indonesia
Saat ini masyarakat diberi kemudahan dengan adanya produk perbankan dari bank yang menyediakan persiapan dana tabungan haji. Fatwa DSN-MUI mengenai tabungan haji terdapat pada No. 1 Tahun 2000 yang menyebutkan bahwa tabungan haji sama seperti halnya tabungan biasa yang menggunakan akad mudharabah, hanya saja tabungan ini khusus untuk rencana haji.

Dengan tabungan haji ini, masyarakat dapat menyicil uang sesuai dengan kemampuan dan terasa lebih ringan dibandingkan jika harus membayar biaya haji secara tunai yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah. Para nasabah dapat menabung seperti biasa di Bank Syariah yang bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai penerima setoran haji. Jika dana nasabah telah terkumpul 25 juta, pihak bank akan melakukan proses pendaftaran haji di Kemenag.

Contohnya saja produk perbankan Rekening Tabungan Jamaah Haji (RTJH) dari Bank Danamon, memberikan kemudahan bagi nasabah melakukan pendaftaran ibadah haji melalui pembayaran setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang terkoneksi langsung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kemenag. Manfaatnya, nasabah mendapatkan kepastian nomor porsi haji karena terkoneksi langsung dengan SISKOHAT Kemenag. Yang bisa dilakukan dengan mudah dalam melakukan pendaftaran haji di seluruh cabang Bank Danamon terdekat. Serta gratis biaya tarik tunai ATM melalui jaringan Mastercard electronic di Arab Saudi.

Referensi : https://www.danamon.co.id/id/Personal/SyariahPersonal/TabunganSyariah/Tabungan-Haji/Rekening-Tabungan-Jemaah-Haji

VIDEO PILIHAN