Mohon tunggu...
Muvina Rizkia Fatiha
Muvina Rizkia Fatiha Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Uniersitas Airlangga

Seorang Mahasiswa Universitas Airlangga dengan jurusan Kesehatan Masyarakat yang ingin belajar menulis dan menambah wawasan ataupun penglaman. memiliki hobi membaca buku.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Itu Penting Gak Sih?

18 Mei 2022   22:29 Diperbarui: 18 Mei 2022   22:37 52 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada saat ini, sebagian besar masyarakat menganggap bahwa sehat bukanlah suatu hal yang penting. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan termasuk salah satu bukti bahwa masyarakat masih menganggap sehat bukanlah suatu hal yang penting. Contohnya masih banyak masyarakat Indonesia yang merokok., padahal mereka mengetahui bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. 

Maka dalam hal ini seorang perokok menganggap bahwa sehat bukanlah suatu hal yang penting. Jika ia menganggap bahwa sehat merupakan hal yang penting, ia tidak akan merokok untuk menjaga kesehatannya. 

Contoh lainnya, Pada saat pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan apabila tidak ada aturan tertulis mengenai hal tersebut. 

Selain itu, Masyarakat melakukan Vaksin covid-19 pun bukan karena kesadaran akan pentingnya kesehatan namun karena Vaksinasi menjadi persyaratan dalam berbagai hal. 

Menurut World Health Organization (WHO), sehat dapat diartikan sebagai keadaan sempurna, baik secara fisik, jiwa maupun sosial. Artinya, sehat bukan sekedar terbebas dari suatu penyakit atau cacat saja, namun kondisi mental dan sosialnya pun harus terpenuhi. Seseorang dapat dikatakan sehat secara fisik apabila orang tersebut  memiliki badan yang bugar dan kondisi organ tubuh yang normal. 

Pada tahun 2019, Menteri Kesehatan mengatakan ada sebagian besar atau 82 persen keluarga yang tidak sehat.  Hal ini disebabkan oleh masyarakat Indonesia yang belum menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Perilaku hidup sehat dan bersih belum diterapkan oleh masyarakat karena kurangnya pengetahuan akan perilaku hidup sehat dan bersih, kurangnya kesadaran akan pentingnya sehat serta kemampuan ekonomi yang minim untuk menerapkan perilaku tersebut.

Kesadaran akan pentingnya sehat sangatlah penting, seseorang yang menyadari bahwa sehat merupakan hal yang penting akan mendorongnya untuk mencari lebih banyak mengenai perilaku hidup bersih dan sehat untuk menjaga kesehatannya. 

Kemampuan ekonomi juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lainnya, seperti menggunakan jamban yang sehat dan mendapatkan air yang bersih. 

Namun kemiskinan masih menjadi masalah di Indonesia. kesadaran akan kesehatan tidak bisa berdiri tanpa kemampuan ekonomi. apabila seseorang mengetahui mengenai perilaku hidup bersih dan sehat namun ia tidak memiliki kemampuan ekonomi, maka ia tidak akan bisa memenuhi Perilaku hidup bersih dan sehat. sebaliknya, apabila seseorang memiliki kemampuan ekonomi tapi tidak memiliki kesadaran akan pentingnya sehat, ia juga tidak akan dapat memenuhi perilaku hidup bersih dan sehat karena pengetahuannya yang kurang.  

Sehat merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan tubuh yang sehat kita akan menjadi lebih produktif dalam menjalankan kegiatan sehari hari. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan