Mohon tunggu...
Mutiara Karina Kurniawan
Mutiara Karina Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswi

Terkadang hanya ingin menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hal-Hal yang Ada di Dalam Jurusan Ilmu Komunikasi

19 Juni 2021   11:15 Diperbarui: 20 Juni 2021   20:25 73 1 0 Mohon Tunggu...

Jurusan IKOM atau juga Ilmu Komunikasi adalah bidang studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam bermasyarakat.

Di jurusan ini juga kamu nantinya akan dibekali Pengetahuan serta Keahlain sebagai berikut :

  • Kemampuan berbicara di depan umum
  • Kemampuan dasar desain
  • Kemampuan dasar fotografi
  • Kemampuan berpikir secara out of the box
  • Kemampuan menulis kreatif
  • Teamwork

Sangat banyak keuntungan yang akan didapat oleh lulusan jurusan ini. Di sini akan dijabarkan beberapa alasan yang cocok bagi kamu untuk memilih jurusan IKOM atau Ilmu Komunikasi ini.

  1. Ilmu Komunikasi tak akan lekang oleh waktu, karena dimanapun seseorang berada, setiap saat komunikasi selalu dibutuhkan.
  2. Lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi dijamin kamu bakal punya kemampuan menulis, berbicara, dan mendengarkan yang mumpuni.
  3. Prospek kerja di dunia media terbuka lebar untuk lulusan Ilmu Komunikasi, mulai dari media televisi, radio, koran hingga digital membutuhkan Sarjana Komunikasi.
  4. Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya pada divisi public relations. Karena PR di perusahaan memiliki peranan yang cukup vital sebagai ujung tombak perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Selain itu, divisi marketing juga membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi.
  5. Kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana yang sangat besar dengan beragam pilihan bidang minat di berbagai kampus bergengsi kelas dunia.

Peluang karier yang menanti lulusan Ilmu Komunikasi itu sangat banyak. Selain menjadi jurnalis dan public relations, seorang Sarjana Komunikasi bisa masuk ke dunia advertising, marketing, maupun broadcasting. Kamu dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah. Jenjang kariernya pun cukup bervariasi. Gaji awal yang ditawarkan juga sangat kompetitif, tapi tentunya tergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, jabatan, dan pengalaman yang dimiliki. 

Di Universitas Langlangbuana Bandung juga terdapat jurusan IKOM atau Ilmu Komunikasi, yang mungkin akan cocok bagi kamu yang sedang bingung memilih universitas yang memiliki jurusan ini. Selengkapnya kamu bisa simak video dan juga podcast  di bawah ini dengan pembawaan yang seru banget loh.


VIDEO PILIHAN