Mohon tunggu...
mutiah nur sabrina
mutiah nur sabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa/Universitas Negeri Semarang

Saya merupakan mahasiswa Universitas Negeri Semarang program studi PGSD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SD Negeri Sukorejo melalui Media Interaktif

12 Oktober 2025   09:40 Diperbarui: 12 Oktober 2025   09:36 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wawancara Guru Kelas V SD Negeri Sukorejo

Upaya peningkatan mutu pembelajaran terus dilakukan melalui kegiatan Bhakti Akademisi yang terintegrasi dengan mata kuliah Penelitian Pendidikan SD Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kegiatan ini mendorong mahasiswa untuk mengimplementasikan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di sekolah dasar sebagai langkah nyata dalam memahami permasalahan pembelajaran dan mencari solusi inovatif di lapangan.

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri Sukorejo berfokus pada pembelajaran bahasa Inggris, yang menjadi salah satu mata pelajaran dengan tantangan terbesar bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama guru, ditemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca (reading), pengucapan (pronunciation), dan penulisan (spelling) kosakata bahasa Inggris.

Observasi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD Negeri Sukorejo
Observasi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD Negeri Sukorejo

Melalui pendekatan PTK yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dilakukan penerapan media interaktif pembelajaran bahasa Inggris untuk membantu siswa belajar dengan cara yang lebih menarik. Beberapa media yang digunakan antara lain Duolingo, Wordwall, Kahoot, dan Quizizz, yang dipilih karena mampu menggabungkan unsur permainan edukatif dengan materi pembelajaran. Penggunaan media tersebut terbukti dapat meningkatkan antusiasme belajar siswa serta membantu guru menciptakan suasana belajar yang aktif, komunikatif, dan menyenangkan.

Sebagai hasil akhir dari penelitian ini, disusun sebuah Modul Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Sukorejo. Modul tersebut berisi panduan praktis bagi guru dalam melaksanakan PTK secara sistematis dan berkelanjutan, mulai dari konsep dasar hingga penerapan di kelas. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang membantu guru memahami cara mengintegrasikan penelitian dengan praktik pembelajaran sehari-hari.

Paparan Modul Pendampingan PTK
Paparan Modul Pendampingan PTK

Paparan Modul Pendampingan PTK
Paparan Modul Pendampingan PTK
Penerapan penelitian tindakan kelas melalui media interaktif ini menunjukkan bahwa inovasi sederhana dapat memberikan dampak nyata dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wujud kolaborasi positif antara kampus dan sekolah dasar dalam upaya mengembangkan pembelajaran yang kreatif, reflektif, dan berorientasi pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun