Mohon tunggu...
Mustika finandasachnun
Mustika finandasachnun Mohon Tunggu... Mahasiswa uin malang

Selalu ceria dan bahagia

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Penerapan Psikologi pada Anak

23 September 2019   06:30 Diperbarui: 23 September 2019   06:33 0 1 0 Mohon Tunggu...

Psikologi anak merupakan sebuah area penelitian yang sangat luas dan kompleks, mencakup bagaimanakah seseorang berubah pada saaat ia beranjak dewasa, mulai dari saat kelahiran hingga masa remaja dan mencoba untuk menjelaskan mengenai beragam perubahan penting yang terjadi. 

Misalkan mengapa anak usia 3 tahun, anak usia 7 tahun dan anak usia remaja berbeda hanya semata karena pengalaman mereka akan lingkungan sekitarnya ataukah ini dijuga dipengaruhii oleh perubahan biologis yang terjadi secara internal di dalam tubuh mereka.
Anak dalam Prespektif Psikologi

Psikolog mencakup perubahan yang ada pada anak mulai dari bayi,anak-anak,remaja, hingga usia lanjut. Perkembangan pada anak mencakup perkembangan fisik,kognitif,dan emososional. Para psikolog anak mencoba untuk memahami seluruh aspek pertumbuhan anak, termasuk bagaimanakah seorang anak berpikirm belajar, melakukan interaksi dan memberikan tanggapan secara emosional terhadap orang atau benda di sekeliling mereka, berteman, memahami emosi dan bagaimana anak-anak mengembangkan kepribadian, perilaku dan keahlian. Psikolog itu sendiri merupakan bagian dari cabang ilmu psikolog, dimana psikolog mempelajari perkrmbangan manusia seiringnya waktu.

Penerapan Psikologi Anak
1,pendidikan psikologi
Psikologi pendidikan bekerja bersama anak-anak yang menemukankesulitan dalam belajar, memahami atau berkomunikasi dengan sesamanya, atau dianggap memiliki kesulitan dalam berperilaku.
2. Psikologi Klinis
Dalam kondisi ini, psikolog klinis mempelajari, mengamati dan membantu berbagai macam masalah seperti masalah biologis, psikologis dan social yang dialamai oleh anak-anak dalam kehidupan mereka. Untuk melakukan hal ini, seorang psikolog mungkin harus melakukan berbagai macam pengamatan secara individu untuk menemukan apa yang menjadi kesulitan bagi mereka. 

Selanjutnya sang psikolog akan terlibat secara aktif untuk mendukung sang anak dalam menangani kesulitan yang dihadapi atau membuat sebuah program pencegahan untuk mencegah penderitaan sang anak.

Psikologi perkembangan anak dan remaja menyatakan jika masa usia pra sekolah tersebut bisa dibedakan menjadi dua masa yakni masa vital dan masa estetik.

Masa Vital: Masa bayi disebut periode vital sebab kondisi fisik serta mental bayi yang menjadi fondasi kokoh untuk perkembangan dan pertumbuhan selanjutnya. Pada masa ini, seseorang akan memakai fungsi biologisnya untuk menemukan banyak hal di dunia.

Masa estetik: Masa ini dianggap sebagai masa perkembangan keindahan dan kata estetik dianggap sebagai masa perkembangan anak yang utama yakni fungsi panca indera. Kegiatan eksploitasi dan belajar anak juga khususnya memakai panca indera.

Psikologi perkembangan mempelajari perubahan dalam tiga dimensi besar, yakni:
Perkembangan fisik.
Perkembangan kognitif.
Perkembangan sosio-emosional
Berdasarkan hal ini, Freud menjabarkan lima tahap perkembangan yang universal, yang didasarkan pada zona erogen yang merupakan sumber energi psikoseksual seorang anak. Kelima tahap itu ialah:

Tahap oral, yang berlangsung sejak lahir hingga usia 12 bulan. Pada tahap ini, dikatakan bahwa "libido bayi berpusat pada mulutnya", karena bayi baru mampu menghisap.

Tahap anal, yang berlangsung sejak satu hingga tiga tahun. Pada tahap ini, bayi menggunakan anusnya sebagai saluran pembuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x