Mohon tunggu...
Malica Ahmad
Malica Ahmad Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Freelancer dan Blogger

Ibu rumah tangga yang saat ini fokus pada pendidikan anak, juga sebagai blogger. Visit my personal blog : www.malicaahmad.com www.mywordsjourney.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

IndiHome Bantu Menjaga Kesehatan Ibuku

10 Juli 2022   22:20 Diperbarui: 10 Juli 2022   22:48 69 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat internet bagiku sangat penting. Aku bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah dan cepat. Ketika ibu menderita sakit gula, kami sekeluarga sempat panik karena mengetahui penyakit tersebut bisa menyebabkan kerusakan organ lain.

Apalagi ibu agak susah untuk diminta beristirahat. Di usianya yang sudah lebih 60 tahun beliau masih sangat aktif.  Akhirnya, kami, anak-anaknya yang harus over protektif. Dengan background pengetahuan tentang diabetes yang terbatas, internet menjadi salah satu sumber informasi mengenai penyakit ini. 

Mengenal penyakit diabetes

Dari internetnya Indonesia aku mengetahui tentang penyakit yang diderita ibu. Diabetes adalah gangguan kesehatan akibat menumpuknya gula dalam darah melebihi ambang batas. Penyakit ini terkenal juga dengan nama gula darah.

Penyebabnya karena kandungan gula tersebut tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Resiko yang mungkin terjadi adalah gangguan pada sistem kerja organ tubuh lainnya. Manfaat internet untuk mendapatkan informasi ini sangat penting bagiku. 

Faktor Penyebab Diabetes

Ketika ibu mulai kurang enak badan dan aku membawanya ke dokter, mendengar diagnose, membuatku kaget. Kira-kira apa yang menyebabkan ibu menderita penyakit tersebut. 

Akhirnya sesampainya di rumah, aku mencari informasi dari internet. Kebetulan kami menggunakan jaringan Indihome yang aksesnya super cepat. Dalam waktu sebentar saja, aku mendapat informasi penyebab diabetes yaitu:

Keturunan

Untuk penyebab pertama ini aku tidak bisa mengetahui karena sebelumnya tidak pernah mendapat informasi apakah kakek dan nenek pernah terkena penyakit tersebut. Kebetulan beliau selama hidup hampir tidak pernah menderita sakit yang serius.

Malas bergerak

Penyebab kedua ini sangat kecil terjadi. Ibu termasuk aktif bergerak. Mulai dari kesibukan mengurus anak cucu dan ikut senam manula dua kali seminggu. Menurutku semua aktivitas tersebut cukup membuat semua organ tubuh bekerja secara maksimal.

Resistensi insulin

Kondisi resistensi insulin terjadi ketika zat tersebut tidak dapat menyerap gula darah dengan sempurna sehingga menumpuk. Mungkin sebenarnya tubuh telah memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Namun karena tidak dapat bekerja secara optimal, maka tubuh kelebihan gula darah. 

Kurang minum air putih

Setiap hari tubuh membutuhkan banyak air minum untuk melancarkan proses metabolisme, termasuk penyerapan gula dalam darah. Kekurangan air minum bukan hanya mengganggu kerja ginjal, tetapi juga peningkatan hormon vasopresin yang secara tidak langsung berpengaruh pada kerja insulin. 

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi

Ibu memang paling senang mengkonsumsi makanan manis seperti kue dan cemilan lain. Begitu juga dengan minuman, lebih sering menikmati teh manis panas kental. Rupanya ini penyebab beliau terkena penyakit gula darah. 

Tindakan terhadap penderita gula darah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan