Mohon tunggu...
Muslihudin El Hasanudin
Muslihudin El Hasanudin Mohon Tunggu...

journalist and more

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Tambolaka, Nirwana di Ujung Sumba

17 Januari 2018   15:58 Diperbarui: 19 Januari 2018   11:43 989 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tambolaka, Nirwana di Ujung Sumba
Keindahan Pantai Watu Malandong (foto dindin)

Bagi Anda yang ingin menikmati murninya alam dengan pantai berombak   dan berpasir putih, datanglah ke Sumba Barat Daya. Semua keindahan itu akan Anda dapatkan di sana. Lengkap dan dapat   nikmati sepuas-puasnya. Dengan bonus senyum ramah penduduknya.    

Tiga hari saya dan Tim Jelaha Nusantara Sekolah Merah Putih berada di daerah yang terkenal dengan Festival Pasola itu, rasanya belum cukup menikmati semuanya. Adi-seorang kawan yang mengatar saya-mengatakan paling tidak butuh waktu seminggu untuk menjamah seluruh keindahan Tambolaka dan sekitarnya.

Kesiapan Isfrastruktur

Kabupaten Sumba Barat Daya  berdiri pada tahun 2006 dan merupakan pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat. Kabupaten  yang memiliki 12 kecamatan dan  95 desa  tersebut memiliki  penduduk 287.666 jiwa (2010).

Bandar Udara Tambolaka, baru dan modern (foto dindin)
Bandar Udara Tambolaka, baru dan modern (foto dindin)
Infrastruktur di Sumba Barat Daya terbilang memadai. Bandara Tambolaka misalnya, sekarang terlihat makin keren dan modern. Dengan desain modern namun tetap mengusung kearifan lokal membuat Bandara Tambolaka terlihat cantik dan anggun. Interiornya juga mewah. Ruang tunggu penumpang juga sudah dilengkap dengan pendingin udara. Semuanya bersih dan rapi. Tidak seperti bandara kelas tiga kebanyakan.

Jalan-jalan antarkecamatan-yang saya lalui-juga sudah lebar dan kondisinya cukup baik. Namun jalan  menuju ke lokasi wisata  sebagian masih terbilang sempit dan ada bebera ruas yang rusak. Jaringan listrik untuk wilayah kota kecamatan  juga tampaknya sudah  tersedia, namun di  pelosok-pelosok  desa listrik masih dalam proses pendistribusian jaringan. Walaupun lsitrik kabel belum menjangkau semua wilayah, masih terbantu dengan adanya solar cell atau listrik tenaga surya.

Pesona Alam Memikat

Bukit Lendonggara (foto dindin)
Bukit Lendonggara (foto dindin)
Banyak tempat wisata di Sumba Barat daya yang bisa dikunjungi, seperti  Bukti Lendonggara, Pantai Mananga Aba, Pantai Watu Malandong, Danau Wee Kuri, Air Terjun Pabeti Lakera, Pantai Pero, Situs Gua Rambe Manu, Pantai Oro, Pantai Mandorak, Pantai Ratenggaro, Kampung Ratenggaro, Kampung Wee Lewo, dan masih banyak lagi. Saya hanya sempat menikmati beberapa  di anataranya.

Bukit Lendonggara

Bukit Lendonggara sejatinya adalah gugusan bukit yang tebentang  luas dan letaknya tidak jauh dari Kota Tambolaka. Kita harus menembus rimbunnya perdu dan jalan berkelok untuk sampai ke puncak bukit.

Sekawanan kuda merumput di area Bukit Lendonggara (foto dindin)
Sekawanan kuda merumput di area Bukit Lendonggara (foto dindin)
Beruntung kami datang di Bulan Desember. Hujan sepertinya baru saja turun, rerumputan tumbuh subur hijau bak permadani. Sangat indah dan memanjakan mata. Dari atas bukit Kota Tambolaka  samar-samar terlihat jauh di hadapan. Sekumpulan kuda terlihat  asyik merumput, menambah lengkap harmoninya alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN