Murni Oktarina
Murni Oktarina Staf Satuan Pengawas Intern (SPI) UNSRI

Lahir dan menetap di Palembang. Penulis Novel Merindumu, Novel Goodbye My Days, dan Buku Kumpulan Cerpen Penantian di Bawah Sakura

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

No Fire No Haze: Dari APP Sinar Mas untuk Asian Games 2018

17 Mei 2018   12:44 Diperbarui: 17 Mei 2018   12:52 431 5 6
No Fire No Haze: Dari APP Sinar Mas untuk Asian Games 2018
Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Dok. Pribadi)

Pada Agustus nanti, Indonesia diperkirakan akan mengalami musim kemarau. Musim kemarau ini ditakutkan akan berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Tentu kondisi seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia, sebab Asian Games 2018 yang merupakan penyelenggaraan event olahraga bergensi tingkat Asia akan dilaksanakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus-02 September 2018 mendatang.

Untuk itu, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menggelar operasi khusus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang bertajuk 'No Fire No Haze' dan berlangsung di tiga kabupaten Sumatra Selatan, yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi 'No Fire No Haze' ini merupakan salah satu bentuk dukungan APP Sinar Mas terhadap kesuksesan penggelaran event olahraga tingkat Asia yang akan dilaksanakan di Palembang dan Jakarta.

Pelaksanaan Operasi 'No Fire No Haze' ini menggunakan 4 pilar Integrated Fire Management (IFM), yaitu Pencegahan, Persiapan, Deteksi Dini, dan Respon Cepat. Pencegahan dilakukan dengan membentuk Desa Makmur Peduli Api (DMPA), menaikkan ketinggian air dengan membangun 5.000 bendungan untuk pembasahan lahan gambut secara bertahap, serta melibatkan 1.436 masyarakat lokal untuk melakukan patroli pencegahan kebakaran.

Pusat Komando dan Pengendalian (Dok. Pribadi)
Pusat Komando dan Pengendalian (Dok. Pribadi)
Peralatan di dalam Pusat Komando dan Pengendalian (Dok. Pribadi)
Peralatan di dalam Pusat Komando dan Pengendalian (Dok. Pribadi)
Persiapan dilaksanakan dengan membuat Sistem Komando Bencana, ruang kontrol untuk melakukan deteksi dini, pemetaan jalur patroli, dan membentuk kesiagaan Regu Pemadam Kebakaran (RPK). Deteksi Dini dengan melakukan deteksi wilayah kebakaran berdasarkan informasi dari ruang kontrol, menggunakan Citra Thermal untuk mendeteksi panas, dan pemantauan dari ketinggian melalui Menara Api. Terakhir adalah Respon Cepat dengan menggunakan manajemen terpadu dalam menghadapi situasi darurat, RPK, dan Helikopter Water-Bombing.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Sampai dengan tahun 2018, APP Sinar Mas telah telah menginvestasikan lebih dari USD100 juta untuk upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di seluruh konsesi pemasok APP Sinar Mas. Ditambah investasi sekitar USD 3,8 juta yang khusus dialokasikan untuk persiapan menjelang dan selama Asian Games 2018 berlangsung. Investasi tersebut berupa edukasi kepada masyarakat, pembangunan 13 menara api baru, 25 pos pantau baru, penambahan 460 RPK, 4 helikopter patroli dan water bombing, mensiagakan 42 orang pasukan khusus bernama Tim Reaksi Cepat (TRC), dan pembelian berbagai peralatan pemadam kebakaran.

Semoga dengan adanya 'Operasi No Fire No Haze' dari APP Sinar Mas untuk Asian Games 2018, dapat mewujudkan keamanan dan kesuksesan pelaksanaan kompetisi olahraga empat tahunan tersebut.

#KompalSambutAsianGames2018

#NoFireNoHaze

#AsianGames2018

Dok. Grup Kompal
Dok. Grup Kompal