Mohon tunggu...
Muna Fahmilya Alwi
Muna Fahmilya Alwi Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswi - Mahasiswi Akademi Televisi Indonesia

Jangan pernah percaya dengan kalimat "katanya" , jika sudah ada bukti, fakta, dan data konkret yang tertulis baru kita boleh percaya. Berhati-hatilah dan waspadalah dengan berita Hoax yang ada di sekitar kita.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Lahirnya Hobi Baru di Sela Pandemi

25 Oktober 2021   07:31 Diperbarui: 25 Oktober 2021   07:34 73 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Toko Kembang Pak Ferdi, Jakarta Barat (Foto: Muna Fahmilya)

JAKARTA- Selama pemberlakuan WFH (Work From Home), banyak orang mengisi waktu kosongnya dengan bercocok tanam, dan mengoleksi tanaman hias. Kalian bisa menemui toko Kembang ini di Jalan Tanjung Duren 10, berbagai jenis bunga di jual dengan harga ekonomis.

Kala itu saya sedang berada di perjalanan menuju suatu tempat, berdiam menatap kaca jendela yang berembun dan mulai meneteskan air hujan perlahan. Sesaat menelusuri jalan itu, ada yang diam-diam menarik perhatian saya. Ia adalah bunga-bunga hias yang cantik yang berjajar berjabat tangan dengan angin, di sana lah terbesit keinginan untuk berkebun dan ingin mengoleksi tanaman.

"Semua harga tanaman di sini di jual mulai dari harga Rp.5.000 sampai Rp.700.000 rupiah" Ungkap Pak Ferdi saat saya sedang melihat-lihat tanamannya.

Pak Ferdi mengaku telah berjualan bunga sudah lama dari tahun 2014 hingga saat ini. Ia menuturkan bahwa dari beragam macam bunga yang ia jual. Yang sering dicari oleh pelanggan adalah  tanaman bunga. Dari bunga Mawar, bunga Melati, Bunga Taiwan, dan Aglonema.

Tanaman Aglonema (Foto: Muna Fahmilya)
Tanaman Aglonema (Foto: Muna Fahmilya)

Tanaman hias ini sering diburu oleh pembeli, karena fungsi bunga ini selain cantik dan cocok sebagai tanaman hias yang biasanya dijadikan pemanis suatu ruangan. Tanaman ini juga mempunyai peran penting yaitu mampu menyerap polusi.

Selain menjual berbagai macam tanaman bunga hias, dan tanaman buah. Pak Ferdi juga menjual keperluan berkebun seperti pot, pupuk kompos dan masih banyak lainnya.

Berbagai macam bentuk dan ukuran pot yang siap untuk dibeli (Foto : Muna Fahmilya)
Berbagai macam bentuk dan ukuran pot yang siap untuk dibeli (Foto : Muna Fahmilya)

Pot yang berukuran besar diperuntukkan khusus untuk tanaman buah, dan yang kecil khusus untuk tanaman hias. Beberapa macam warna pot juga disediakan dan disesuaikan dengan selera pembeli. Dari segi warna pot, ada beberapa jenis yang dijual-belikan.

Di warna putih ada pot yogav, pot tawon, pot model monas, dan pot kolar. Dan pot yang berwarna hitam kebanyakan untuk mengisi tanaman buah.

"Selama pandemi, pendapatan meningkat hingga 200 hingga 300%" Tutur Pak Ferdi sesaat setelah melayani pembeli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan