Mohon tunggu...
Muammar Nasution
Muammar Nasution Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam jurusan Ilmu Al-quran dan Tafsir

Email : muammar.nst84@gmail.com Dosen pembimbing lapangan : Dr. Eka Susanti M.Pd

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Covid-19: Benarkah Disebutkan dalam Al Quran dan Buku Iqra?

6 Agustus 2020   17:37 Diperbarui: 10 Agustus 2020   14:29 176 1 3 Mohon Tunggu...

Pada awal tahun 2020 dunia diguncangkan dengan penyakit menular yang gejalanya mirip seperti flu, penyakit tersebut pertama kali muncul di China, tepatnya di kota Wuhan. Penyakit menular ini disebabkan oleh sebuah virus jenis baru yang bernama Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-Ncov) atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona.

 Awalnya ada berpendapat asal muasal virus tersebut berasal dari kelelawar yang kemudian menjangkit salah seorang di kota Wuhan kemudian layaknya film zombie virus tersebut menyebar dan menular ke semua orang hingga sekarang, dan kabar buruk buruknya belum ditemukan obat penawar virus Corona.


Dilansir dari m.liputan6.com (1/8/2020), berdasarkan liputan tersebut ada lebih dari 678.000 orang meninggal karena virus COVID-19, Amerika menduduki posisi pertama, di susul Brazil, Mexico, Inggris, dan India. Penyakit yang disebabkan oleh virus jenis baru tersebut menyebabkan lebih dari 17,5 juta orang infeksi di 188 negara berbeda termasuk Indonesia dan lebih dari 10,2 juta orang telah sembuh dari virus corona.


Namun apakah Anda tahu? ada kata yang mirip seperti sebutan Corona ternyata juga tertulis dalam salah satu ayat di dalam  Al-quran?. 


Ya, Beberapa waktu lalu di medsos viral sebuah postingan yang menghubungkan wabah Corona dengan salah satu potongan ayat Al-Qur'an di surat Al-Ahzab ayat 33. Tulisan yang viral tersebut sebenarnya tidak secara langsung menyamakan kata "CORONA" dengan "QORONA"(ayat Al-Qur'an), tetapi menjadikan kemiripan antara kedua kata tadi yang kemudian mengambil subtansinya yang seolah relevan dan memiliki kesamaan tertentu.


Tulisan itu seperti mencoba membahas kata "QORONA" dengan mengambil potongan surat  Al-Ahzab : 33 sebagai dalilnya, menafsirkannya dalam konteks yang lebih luas, kemudian diakhiri dengan pendapatnya sendiri dengan "ilmu cocokologi" seolah-olah makna ayat tersebut dengan tujuan diturunkannya wabah virus Corona (untuk membersihkan manusia dari segala dosa-dosa), dan ditutup dengan himbauan untuk tetap di rumah masing-masing.


Dengan “Ilmu Cocokologi” tersebut benarkah demikian? Untuk membahas dan mengulasnya, berikut ini bunyi firman Allah surah Al-ahzab ayat 33 secara lengkap :
وَقَرۡنَ فِی بُیُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجۡنَ تَبَرُّجَ ٱلۡجَـٰهِلِیَّةِ ٱلۡأُولَىٰۖ وَأَقِمۡنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِینَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعۡنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥۤۚ إِنَّمَا یُرِیدُ ٱللَّهُ لِیُذۡهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجۡسَ أَهۡلَ ٱلۡبَیۡتِ وَیُطَهِّرَكُمۡ تَطۡهِیرࣰا
Artinya: "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (QS. Al-Ahzab: 33).

ayat dalam Al-Qur’an di atas sempat viral di berbagai media sosial, Facebook terutama. Akan tetapi, kata Qorona yang tertulis di dalam Alquran tersebut sebenarnya tidak ada kaitannya dengan pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi.


Bahkan juga sempat beredar sebuah konten di media sosial yang menyebarkan informasi tentang virus corona tercantum dalam bacaan buku iqro. Konten ini beredar luas di media sosial. Kata-kata yang tertulis di salah satu halaman iqro itu di terjemahkan dan dihubungkan. Sehingga bila dibaca dengan bahasa Indonesia akan bermakna "Virus Corona Tercipta pada zaman penuh dusta"


Berdasarkan penelusuran, benar bahwa ada kata "Qo-Ro-Na" dalam buku iqro jilid 1 halaman 28. Akan tetapi, sebenarnya kata ini tidak ada kaitan sama sekali dengan virus corona. Berdasarkan pemaparan : dari Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Robby Karman, Qorona dalam Bahasa Arab bukan berarti virus.


Mengaitkan kata "CORONA" dengan kata "QORONA" yang ada di Al-quran sebenarnya dalam ayat 33 adalah QORNA bukan QORONA, apalagi menjadikan ayat tersebut sebagai rujukan dalam menyikapi pandemi wabah Corona, hal itu sangatlah jauh dari kebenaran dan lebih bersifat mengada-ada.


Pengaitan tersebut bisa diduga dengan dua alasan, yakni:
1.Kata CORONA sekilas memang mirip QORONA yang sebenarnya dalam ayat di atas adalah QORNA. Ketiga kata tersebut sama sekali tidak ada kesamaan baik dari segi bentuk maupun makna.
2.Terjemah ayat WAQORNA FĪ BUYŪTIKUNNA (وقرن في بيوتكنّ) yang artinya: "Dan hendaklah kalian (wahai para istri Nabi) tetap di rumahmu..."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN