Mohon tunggu...
Mulyadi Hamidah
Mulyadi Hamidah Mohon Tunggu... Informasi tentang Manfaat & Pentingnya Liburan

Penulis lahir di Tangerang, Banten Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Bermain Sangat Bermanfaat bagi Anak! Berikut Ulasannya

9 Mei 2019   13:31 Diperbarui: 9 Mei 2019   13:53 0 0 0 Mohon Tunggu...

Paket Wisata Banten - Halo Great People, sebagai orangtua, mungkin kita akan berpikir bahwa si kecil tak boleh terlalu banyak main karena aktivitas itu belum tentu ada gunanya. Tetapi ternyata, bermain banyak sekali memberikan efek positive pada perkembangan anak. Oleh karena itu, jangan terjebak dengan anggapan tersebut. Justru dengan metode bermain anak bisa belajar banyak hal.

Berikut ini Tim Paket Wisata Banten akan menjelaskan tentang apa saja manfaat bermain bagi anak.


Pertama, bermain dapat meningkatkan daya kreativitas dan membebaskan anak dari stress. Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Ide-ide yang orisinil akan keluar dari pikiran mereka, walaupun mungkin terkadang terasa abstrak untuk orangtua. Selain itu, bermain juga dapat membantu anak untuk lepas dari stres kehidupan sehari-hari. Stres pada anak biasanya disebabkan oleh rutinitas harian yang membosankan.

Kedua, bermain dapat melatih mental anak. Ketika bermain, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki sekaligus mendapatkan pengetahuan baru. Orangtua akan dapat semakin mengenal anak dengan mengamati saat bermain. Bahkan, lewat permainan orangtua juga dapat menemukan kesan-kesan dan harapan anak terhadap orangtua serta keluarganya.

Ketiga, dengan bermain anak dapat memahami diri sendiri dan mengembangkan harga diri. Ketika bermain, anak akan menentukan pilihan-pilihan. Mereka harus memilih apa yang akan dimainkan. Anak juga memilih di mana dan dengan siapa mereka bermain. Semua pilihan itu akan membantu terbentuknya gambaran tentang diri mereka dan membuatnya merasa mampu mengendalikan diri. Permainan memotong kertas, mengatur letak atau mewarnai misalnya dapat dilakukan dalam beragam bentuk. 

Kemudian, identitas dan kepercayaan diri dapat berkembang tanpa rasa ketakutan akan kalah atau gagal. Pada saat anak menjadi semakin dewasa dan identitasnya telah terbentuk dengan lebih baik, mereka akan semakin mampu menghadapi tantangan permainan yang terstruktur, bertujuan dan lebih dibatasi oleh aturan-aturan.

Itulah tadi beberapa ulasan dari Tim Paket Wisata Banten, semoga artikel ini bermanfaat untuk para  pembaca. Untuk informasi tempat bermain paling aman, nyaman dan dilengkapi miniature tujuh keajaiban Dunia, Anda bisa berkunjung ke World of Wonders Theme Park.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x