Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Berkuasanya Taliban Tidak Menjamin Damainya Afganistan, Jika?

24 Agustus 2021   21:10 Diperbarui: 25 Agustus 2021   05:26 156 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berkuasanya Taliban Tidak Menjamin Damainya Afganistan, Jika?
Ilustrated by: today.com

Setelah 20 tahun bergulir, Taliban dapat berkuasa kembali di Afganistan. Sejak ekspansi militer Amerika menghancurkan mereka 20 tahun yang silam. Dan berhasil membentuk pemerintahan yang baru, sokongan negara Paman Sam selama 20 tahun berkuasa.

Dengan dalih pencarian Osama Bin Laden, pimpinan Al-Qaeda teroris internasional yang bertanggungjawab atas pengeboman WTC dan Pentagon. Bersembunyi dibawah perlindungan ketiak pemerintahan Taliban. 

Apess, selama 20 tahun berkuasa pemerintahan hasil bentukan, berakhir jua. Begitupun dengan Taliban, 20 tahun dalam masa penantian tuk merebut kembali kekuasaan. 

Pasca ditariknya pasukan Amerika, moment yang pas tuk Taliban menggulingkan pemerintah yang berkuasa. Meskipun masih ada timbul tandatanya besar akan kepergian negara adikuasa. 

Atau muncul seliweran keraguan atas tindakan Amerika, tidak akan ikut campur lagi akan hal ini. Atau karena ekonomi Amerika yang lagi..terlilit banyak hutang, perang dagang dengan Tiongkok yang panas. 

Kan bila disimak biaya militer Amerika menelan biaya yang sangat besar, fantantis,  mungkin? Yups lupakan. Kembali pada bahasan. Bagaimana cerita selanjutnya jika Taliban telah berkuasa.

Kini setelah berhasil menduduki pemerintahan, apakah Taliban bisa menjamin, berhasil membawah Afganistan lebih baik lagi?

Inilah PR terbesar bagi Taliban bila berhasil berkuasa. Mewujudkan demokrastisasi di Afganistan. Mampukah Taliban menciptakan kedamaian dan menyatukan faksi-faksi yang berbeda haluan dan selisih faham. Dalam bingkai persatuan, bangkit bersama membangun Afganistan..

Pasalnya, sejarah kelam kekalahan Taliban 20 tahun yang lalu, selain dominasi kekuatan militer Amerika juga berhubungan perang saudara, faksi yang kontra dengan Taliban ikut mendukung berupaya membantu menurunkan pemerintahan Taliban. Bersama angkat senjata dalam barisan Amerika.

Inilah sekelumit persoalan yang nantinya bisa menjadi duri dalam daging bagi Taliban. Pergesekan berujung perang saudara kembali, keompok separatis anti pemerintah, musuh bebuyutan. Keompok anti pemerintahan Taliban. Yang juga mengintai kursi kekuasaan. 

Bahayanya, bisa menjadi pion kepentingan negara-negara lain tuk mencampuri dan mengintervensi kebijakan pemerintahan Taliban pada masa mendatang. Alat mempengaruhi stabilitas dan arah politik pemerintah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan