Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Penulis amatir yang lagi belajar menulis

Buruh Tani di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Penerapan Sambung Kopi oleh Petani dalam Upaya Meningkatkan Hasil Panen

29 Maret 2021   19:31 Diperbarui: 31 Maret 2021   10:25 1034 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penerapan Sambung Kopi oleh Petani dalam Upaya Meningkatkan Hasil Panen
Proses pemilahan biji kopi Kopi Kampoeng Genting yang sudah diproses natural proses, green bean yang berkualitas baik (Dok. Instagram @kopi_kampoeng_genting via kompas.com)

Sekilas dari Kami, Petani Kopi

Sebagai daerah penghasil kopi di pulau Sumatera, provinsi Bengkulu sudah dikenal daerah penghasil kopi khususnya jenis kopi Robusta. Yang sebagian besar terdapat di dua kabupaten yakni kabupaten Rejang Lebong dan kabupaten Kepahiang.

Dalam upaya meningkatkan hasil panen komoditas kopi ini di kabupaten Rejang maupun kabupaten Kepahiang, para petani kini telah beralih dari bertani kopi secara tradisional ke penerapan cara yang baru yang lebih dikenal dengan sambung kopi (kopi stek).

Penerapan cara ini dilakukan mulai 2014, tujuh tahun terakhir hingga sekarang yang mana telah dilakukan secara merata oleh petani. 

Hal ini juga terjadi di tempat tinggal penulis, yang mana secara mayoritas para petani kopi telah meninggalkan cara lama dan mulai menerapkan cara sambung kopi. 

Beranjak dari pola lama yang dianggap tidak cocok lagi dalam meningkatkan hasil panen kopi. Sejauh dilakukan sampai sekarang, terbukti ada perbedaan yang dirasakan cukup signifikan oleh penulis yang mana hasil kopi mengalami kenaikan setelah menerapkan teknik sambung kopi..

Perkembangan inovasi ini telah terbukti menghasilkan perbedaan hasil panen. Bahkan dengan menerapkan sambung kopi, hasil dan juga jumlah panen kopi pun naik secara signifikan. Yang biasa hanya mendapati satu ton dalam setahun, kini bisa mencapai dua ton dalam setahun bahkan lebih dari itu. Namun, balik lagi itu bergantung cara petani kopi melakukan perawatan.

Berangkat dari perubahan ini secara tak langsung guna mengubah mindset masyarakat untuk menerapkan pola baru ini. Alhasil sekarang bisa dikatakan rata-rata masyarakat telah merasakan perubahannya.

Nah, bagi pembaca yang ingin menerapkan juga cara menanam kopi dengan teknik sambung. Berikut, penulis paparkan dulu maksud dari sambung kopi serta teknik seperti apa yang harus dilakukan pembaca. Berikut penjelasannya....

Melihat kebun kopi (Sumber: fin.co.id)
Melihat kebun kopi (Sumber: fin.co.id)
Apa Itu Sambung Kopi?

Sambung kopi bukanlah jenis yang kopi baru, hanya pengembangan bersifat inovasi yang dilakukan oleh para petani, dinas pertanian, dan praktisi pertanian yang telah melakukan penelitian dan eksperimen dalam upaya meningkat hasil unggul dengan menemukan cara baru, yakni pola vegetatif buatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN