Mohon tunggu...
Mukhamad Abthal
Mukhamad Abthal Mohon Tunggu... Lainnya - Inspirasi Menulis Tanpa Batas

Mukhamad Abthal, Lahir di Cirebon 25 Desember 1996. Memiliki hobi membaca, menulis dan nonton bola.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Cara Sukses Membangun Bisnis Kuliner

10 November 2020   21:56 Diperbarui: 10 November 2020   22:06 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Mukhamad Abthal – 10 November 2020

Bisnis kuliner merupakan bidang usaha yang memiliki kecenderungan jangka panjang, atau tidak pernah mati. Hal ini dikarenakan faktor manusia yang akan selalu membutuhkan makanan. Sebagaimana makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

Seseorang mungkin bisa menahan untuk tidak membeli pakaian atau barang-barang lain, tapi tidak demikian dengan makanan. Karena kebutuhan akan makanan ini sifatnya tidak bisa ditunda, bahkan untuk satu atau dua hari. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki rencana untuk memulai bisnis kuliner. Ini merupakan ide yang bagus.

Karena pola peningkatan kebutuhan manusia terhadap makanan akan selalu ada selama manusia itu hidup. Disini, ada tips khusus buat kamu calon pelaku usaha mengenai beberapa cara sukses membangun bisnis kuliner, antara lain.

Pahami Keunikan Produk

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner ini biasanya sudah tahu jenis apa yang akan menjadi ciri khas usaha kamu nanti. Untuk makanan mungkin bisa nasi goreng, mie ayam, bakso, sate kambing dan lain-lain. Sedangkan minuman bisa thai tea, jus buah atau kopi susu.

Kamu tentu bebas memilih menu apa saja untuk jenis usahamu nanti. Tapi, jangan berhenti pada satu ide itu saja. Kamu perlu memberikan keunikan tersendiri pada menu usahamu itu. Misal jenis makanan nasi goreng, kamu bisa tambahkan dengan rendang maka akan menjadi nasi goreng rendang.

Ini tentu sangat menarik, karena rendang ini termasuk menu makanan favorit kebanyakan masyarakat di Indonesia. Kelezatanya bisa dibayangkan kombinasi dua masakan khas nusantara. Nasi goreng dengan rendang. Intinya harus berbeda dengan para kompetitor kamu atau para pedagang nasi goreng pada umumnya.

Pahami Target Pasar

Memahami target pasar merupakan komponen yang sangat penting untuk kelangsungan bisnis kuliner kamu. Buat saja perkiraan siapa yang paling membutuhkan produk kamu. Misal nasi goreng, kira-kira nasi goreng ini paling cocok untuk siapa. Karyawan, mahasiswa atau bahkan semua kalangan.

Hal ini ditujukan agar ada kesesuaian nantinya siapa saja yang akan membeli produk nasi goreng itu.

Buat Konsep Bisnis

Konsep bisnis ini bisa disebut juga dengan rencana bisnis atau bisnis plan. Meskipun sifatnya baru rencana, penting buat kamu untuk tetap membuat pola yang terstruktur agar kedepan bisnis ini bisa semakin maju dan semakin banyak jumlah konsumennya.

Pilih Lokasi Yang Tepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun