Mohon tunggu...
Muhammad Galih
Muhammad Galih Mohon Tunggu... Mahasiswa - College Student

Mengubah lamunan menjadi mimpi

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film "The Social Dilemma": Cara Kerja Media Sosial yang Mengerikan

23 Juli 2021   22:55 Diperbarui: 23 Juli 2021   23:36 175 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Film "The Social Dilemma": Cara Kerja Media Sosial yang Mengerikan
twitter @socialdilemma_

Film The Social Dilemma adalah sebuah film dokumenter yang bercerita tentang dampak media sosial bagi manusia dan membeberkan sisi gelap teknologi internet, ditenagai oleh algoritme hingga selanjutnya dihadapkan dengan sebuah ke-dilema-an.

Film ini mengulas berbagai hal mengerikan yang berpengaruh terhadap penggunaan media sosial, mulai dari pengawasan secara diam-diam terhadap aktivitas yang dilakukan saat menggunakan internet dan juga perekaman data pribadi hingga memanipulasi tampilan feed platform media sosial manusia supaya tak bisa lepas dari yang namanya media sosial. 

Film yang disutradarai oleh Jeff Orlowski ini juga memberikan tambahan akan kesadaran didalam memanfaatkan teknologi media sosial untuk menjadi pengguna yang cerdas dan bijak.

The Social Dilemma menjelaskan dampak negatif dari media sosial, diantaranya jalinan individu yang mengalami penurunan karena lebih nyaman dengan menggunakan ponselnya, pengaruh terhadap kesehatan mental, beredarnya berita atau info yang tidak valid hingga tindak kejahatan melalui media sosial.

Scene awal memperlihatkan bagaimana narasumber yang dimana mereka adalah mantan pekerja dari platform-platform media sosial, seperti google, facebook, twitter, youtube, dan instagram.

Di awal pembentukan sebuah platform, pegawai-pegawai tersebut sangat bangga karena ciptaan mereka bisa membantu kehidupan manusia seperti mencari dan mempertemukan anggota keluarga yang hilang sampai bisa menemukan donor organ manusia.

Lalu bagaimana cara kerja media sosial?

Dalam film diceritakan bahwa semua aktivitas yang kita lakukan di internet (media sosial) diawasi, direkam, dan diukur oleh sistem yang telah dirancang sedemikian rupa.

Aktivitias yang dimaksud seperti ketika pengguna media sosial sedang melihat sebuah konten, berapa lama melihatnya, konten apa yang kita sukai, komentar yang dibagikan, dan lainnya.

Selain itu, algoritma yang diceritakan dalam film juga menampilkan bahwa media sosial dapat mengukur dan mengetahui kondisi yang dirasakan oleh penggunanya. Ketika sedang sedih atau bahagia, mereka selalu tahu apa yang kita lakukan saat larut malam. 

Dengan memantau aktivitas penggunanya, media sosial dapat mengelompokkan apakah seseorang itu masuk dalam kategori aktif atau pasif dalam memanfaatkan media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x