Mohon tunggu...
Muharom
Muharom Mohon Tunggu... Mahasiswa Sosiologi

Masih belajar dan akan terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Youtube: Evolusi Media Hiburan

13 April 2020   11:25 Diperbarui: 13 April 2020   11:48 522 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Youtube: Evolusi Media Hiburan
youtube-crowd-uproar-protest-ss-19201920-5e93ee19097f361ad41a2092.jpg

Media hiburan merupakan sebuah alat, wadah, atau tempat yang digunakan untuk menyalurkan atau menyampaikan pesan, video, teks, gambar, suara, dll untuk menenangkan pikiran, enjoy, tenang, bahagia, senang, tenang membuat khalayaknya atau penontonnya jadi bahagia dan tertawa. Tujuan dari media hiburan ini adalah sebagai hiburan masyarakat dari penatnya kehidupan sehari-hari. Dengan adanya hiburan kita dapat merefresh otak kita menjadi lebih santai setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan. Media hiburan termasuk kedalam media komunikasi. Dimana Media Komunikasi adalah suatu media yang memberikan pesan informasi yang berupa tertulis maupun tidak tertulis yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain secara luas.  Secara sadar maupun tidak, media telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Media hiburan mengalami perubahan yang cukup drastis. Bisa kita lihat perbedaanya masyarakat pada tahun 80-90 an menikmati hiburan dengan mendengarkan radio dan televisi . Dimana masyarakat mendapatkan hiburan melalui audio saja dengan mendengarkan musik diradio, perbincangan, siaran berita dan hiburan lainnya. Namun melalui televisi, masyarakat bisa melihat visual atau gambar bergerak dan audio sekaligus, meskipun pada  waktu itu televisi masih berwarna hitam putih yang kemudian mengalami perkembangan sampai televisi yang sudah berwarna. Melalui televisi, berbagai macam hiburan disajikan didalamnya. Acara komedi, talkshow, siaran berita, konser musik, sinetron, film, kartun dan masih banyak lagi menjadi hiburan masyarakat sampai sekarang. Namun  saat ini sudah terjadi perubahan dalam pola menonton televisi. Generasi sekarang sudah jarang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton televisi untuk melihat sebuah hiburan . Hal tersebut dikarenakan Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, media hiburan mulai berkembang dengan adanya teknologi bernama internet.

Internet memungkin kita untuk menjelajahi dunia virtual atau sering disebut dengan dunia maya. Kita dapat melihat informasi diberbagai belahan dunia dengan mudah dan cepat. Dengan adanya internet media hiburan baru pun muncul. Salah satunya platform media hiburan online yang banyak digunakan masyarakat pada era sekarang yaitu Youtube. Youtube merupakan sebuah media hiburan dalam jaringan koneksi internet yang dimana memainkan audio visual, gambar dll menjadi satu yang dapat diakses kapanpun dan dimana pun. Youtube tidak hanya sebagai media hiburan saja, melainkan dapat menjadi media kreatif yang memungkinkan orang – orang menciptakan karyanya berupa audio visual seperti film, web series, cover lagu,dll sehingga menjadi konten hiburan yang dapat di unggah ke youtube dan dapat dilihat semua orang diberbagai belahan dunia.

Hal yang membedakan youtube dengan media hiburan televisi adalah pada kontennya. Dimana televisi hanya menayangkan program atau acara yang terbatas dan hanya dapat disaksikan pada waktu tersebut. Sedangkan pada media Youtube kita dapat menyaksikan berbagai konten hiburan yang beragam dapat dilihat kapan saja dan dimana saja sehingga lebih mudah dan efektif. Dengan adanya hal tersebut, masyarakat sekarang beralih dari televisi ke youtube sebagai media hiburan saat ini. Bahkan acara-acara yang ada di televisi dan Informasi apapun  yang terkini dapat kita lihat siarannya disana. Maka dari itu Youtube sudah menjadi bagian dari masyarakat pada zaman sekarang

Perkembangan media hiburan dari radio, televisi sampai ke youtube seperti sekarang merupakan bagian dari perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Perubahan sosial ini dapat dikaji menggunakan teori evolusi. Teori evolusi melihat perubahan sosial sebagai proses yang terjadi dalam waktu yang panjang. Untuk mengubah perilaku masyarakat, diperlukan interval waktu yang lama. Lama disini sangat relatif, bisa bertahun-tahun bahkan berabad-abad. Proses panjang yang dimaksud adalah bagaimana perkembangan media hiburan dari dulu sampai sekarang.

Referensi :

Kango, Andries. 2015. Media dan Perubahan Sosial Budaya. Farabi, Volume 12 Nomor 1. Halaman 20-34

Abdullah, Aceng dan Puspitasari, Lilis. 2018. Media Televisi di Era Internet. ProTVF, Volume 2 Nomor 1. Halaman 101-110

https://www.kompasiana.com/www.radencahyoprabowo.blogspot.com/5d30566b097f3650f61a53d2/youtube-media-hiburan-dan-ide-kreatif-masyarakat-indonesia

http://sosiologis.com/teori-perubahan-sosial

VIDEO PILIHAN