Mohon tunggu...
MUHAMMAD YANI
MUHAMMAD YANI Mohon Tunggu... Menulislah dengan jujur

Giat dalam usaha, Sabar dalam doa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Testimoni Didamba Angkatan 4 Tahap IPA SD

17 Desember 2020   12:56 Diperbarui: 17 Desember 2020   18:12 581 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Testimoni Didamba Angkatan 4 Tahap IPA SD
Dok. pribadi

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) telah melaksanakan “Diklat Daring Masif dan Terbuka (Didamba) Angkatan 4 Tahap 1” bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) IPA jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Diklat ini telah dilaksanakan selama 10 hari setara 36 JP yang berlangsung mulai tanggal 2 – 15 Desember 2020.

Kegiatan ini melibatkan 909 PTK IPA dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Dalam pelaksanaannya terdiri dari 27 kelas dan terdapat 19 topik pada 7 katagori yaitu SMA Biologi, SMA Fsika, SMA Kimia, SMP, SD, Media, dan Umum.

Pada saat pendaftaran dibuka yakni tanggal 29-30 November 2020 yang dipublikasikan oleh P4TK IPA dalam media sosialnya saya memilih kelas “Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD” dan Alhamdulillah saya  Muhammad Yani, S. Pd sebagai perwakilan Kota Binjai dari SD Negeri 024771 Binjai dan 30 teman lainnya terpilih dalam kelas ini.

Ada 5 sesi pelatihan dalam diklat ini dan diakhir kegiatan peserta yang tuntas mengikuti diklat berhak mendapatkan sertifikat. Agar kegiatan dapat diikuti dengan baik dan lancar, maka harus mengikuti kegiatan secara berurutan mulai dari tahap pendahuluan, tahap inti (3 sesi) hingga sesi penutupan. Setiap komponen kegiatan wajib diikuti agar kompetensi dapat dicapai.

Fasilitator yang memfasilitasi kegiatan ini adalah Bapak Raskadi, S. Si., M. MPd didampingi ibu wali kelas Ibu Nadia Triyana. Dengan arahan mereka dan semangat dari ketua kelas Nyurolis Andi Biantaro akhirnya kami dapat menyelesaikan rangkaian tugas dari LMS dengan mudah.

Awalnya terasa bingung karena dihadapkan sejumlah tugas dan tes yang terdiri dari hitungan Matematika dan Fisika Dasar. Namun ternyata dalam kegiatan vicon yang kami lakukan, Pak Adi sebagai fasilitator menjelaskan dengan mudah bagaimana cara menyelesaikan soal-soal tersebut. selain itu dari beberapa kali vicon yang dilakukan menambah keakraban dan kedekatan setiap peserta diklat. Seperti yang dikatakan  oleh Pak Adi dalam vicon terakhir, (15 Desember 2020) “Kita adalah keluarga, nanti setelah diklat berakhir kita tetaplah keluarga”.

Menjelang kegiatan diklat berakhir, ada tugas yang harus kami lakukan yaitu membuat testimoni dan program diseminasi kepada teman sejawat. Untuk kegiatan diseminasi kami diberikan waktu beberapa hari kedepan untuk melaksanakannya. Namun untuk testimoni kami harus segera mengumpulkannya sebelum kegiatan diklat berakhir.

Untuk itu saya membuat video testimoni tersebut dengan sederhana sebagai salah satu bentuk tanggung jawab peserta Diklat Daring Masif dan Terbuka (Didamba) Angkatan 4 Tahap 1. Berikut video testimoni saya.

VIDEO PILIHAN