Bola

Biografi Cristiano Ronaldo - Pesepakbola Fenomenal dari tanah Portugal!

7 Desember 2018   13:50 Diperbarui: 7 Desember 2018   15:29 311 0 0

Cristiano Ronaldo? Siapa yang tidak mengenal nama yang fenomenal ini? Cristiano Ronaldo salah satu pemain bola terbaik sepanjang masa, yuk kita mengenal lebih dalam siapa itu Cristiano Ronaldo!

Biografi Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau yang biasa kita kenal CR7 atau Cristiano Ronaldo, ia lahir pada tanggal 5 Februari 1985 (33 Tahun)  Di Funchal, Portugal. Ronaldo adalah anak dari Maria Dolores Dos Santos Aveiro dan Jose Dinis Aveiro. Dikeluarganya dia mempunyai 4 bersaudara kakak laki-laki yang bernama Hugo, dua kakak perempuan yang bernama Elma dan Lilliana, dan yang keempat adalah Cristiano Ronaldo. Funfact! Di Portugal nama Ronaldo relatif langka loh!

Masa Kecil

Dimasa kecilnya, ia menjadi kesayangan di keluarganya. Ia selalu mendapat dukungan yang sangat hebat dari keluarganya didalam semua bidang. Dia memiliki sifat yang ingin selalu menang.

Ia sangat suka dengan sepak bola, dia selalu punya akal untuk dapat bermain bola di sekolahnya. Dan lagi-lagi funfactnya adalah jika ia tidak menemukan bola di sekolahnya, maka ia akan membuat bola dari gulungan kaos kaki teman-temannya!

Karir

Untuk karirnya, pada aawalnya Cristiano Ronaldo memulai karirnya di internasional untuk membela tim nasional Portugal sejak tahun 2003. Cristiano Ronaldo telah bermain sepak bola pada saat berumur 3 tahun loh!

Tim favoritnya ketika ia masih muda adalah SL Benfica. Ia bermain untuk pertama kalinya di tim Andorinha ketika umurnya masih 8 tahun. Tahun 1995, reputasi Cristiano Ronaldo sudah sangat berkembang di Portugal. dua tim sepakbola terkenal seperti CS Maritimo dan CD Nacional tertarik denga Cristiano Ronaldo. Dan akhirnya Ronaldo masuk ke CD Nacional.

Setelah mendapatkan juara di nacional, Ronaldo pindah ke Sporting CP. Ronaldo memulai debutnya dengan sangat cemerlang saat melawan moreirense dan ia menghasilkan skor 2 gol.

Ia juga menjadi sorotan utama di timnas Portugal U-17 dalam kejuaran UEFA u-17. Penampilannya membawa perhatian sepakbola dunia. Yang pertama kali melihat penampilan Ronaldo adalah manajer Liverpool F.C, Gerard Houllier.

Tetapi pada saat itu Liverpool menolak Ronaldo untuk bermain di Liverpool dikarenakan pada saat itu Ronaldo masih sangat muda untuk bermain di Liverpool. Hmm, sayang sekali yah..

Pada tahun 2003, Ronaldo mendapat perhatian dari sir alex ferguson yaitu pelatih manchaster united pada saat itu. Sir Alex Ferguson tertarik perhatiannya ketika Sporting mengalahkan Manchaster United dengan skor 2-1 di Inagurasi Alvalade XXI.

Akhirnya Ferguson memutuskan untuk Mendatangkan Ronaldo dengan kontrak seharga 12.24 juta. Debut awalnya dengan Manchaster United pada saat melawan Bolton wanderers di menit 6- di stadium Old Trafford dengan kemenangan Manchaster United 4-0.

Debut karir internasionalnya yaitu pada bulan agustus 2003 saat Portugal melawan Kazakhstan. Di pembukaan uero 2004.

Di olimpiade musim panas 2004, Ronaldo di Portugal menjadi pencetak gol nomor dua di kualifikasi Piala dunia Fifa di zona eropa dengan 7 gol. Bayangin loh, di umur dia yang terbilang muda ia bisa mencapai skor gol dengan 7 di Piala Dunia zona eropa. Sampai di tanggal 17 juni 2005, skor Ronaldo adalah 11 gol dalam 25 pertandingan untuk Portugal.

Darisitu level kehidupan Ronaldo sudah meningkat sangat drastis, padahal secara karirnya ia baru lahir ke dunia sepakbola selama tiga setengah tahun lho! Kalau tidak dilirik oleh Manchaster United pada musim 2003, mungkin nasib pria setinggi 184 cm ini tidak seperti sekarang.

Pada saat muda Ronaldo adalah seorang pelari yang sangat cepat, memiliki kaki kanan yang sangat gesit, dan penggocek yang sangat lihai. Tapi sayangnya Ronaldo pada saat muda begitu serakah dan egois. Kalau udah keasyikan, ia suka lupa pada rekan setimnya.

Namun Ronaldo sudah bisa belajar sekarang sudah dapat belajar dari penambahan usia, pengalaman dan sebagainya. Ronaldo yang sekarang adalah ronaldu yang sudah bisa dan tahu bagaimana bermain untuk tim.

Yang tidak berbeda adalah Ronaldo yang sekarang tetaplah pelari yang cepat, pemilik kaki yang sangat gesit, dan ahli dalam menggocek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2