Mohon tunggu...
muhammad sadji
muhammad sadji Mohon Tunggu... Lainnya - pensiunan yang selalu ingin aktif berliterasi

menulis untuk tetap mengasah otak

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Benda Filateli sebagai Dokumen Sejarah

4 Agustus 2022   23:58 Diperbarui: 5 Agustus 2022   00:01 156 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
First Day Cover Prangko Ganefo I tahun 1963. Sumber: foto Yashfandhisa  Collection's di Tokopedia

Sejarah adalah merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang menelaah asal-usul, perkembangan dan peranan masyarakat di masa lampau melalui pendekatan metode dan metodologi tetentu. Sejarah menggambarkan pentingnya waktu dan tempat sebagai sebuah proses dari masa lampau, masa sekarang dan masa depan. 

Sejarah suatu bangsa dapat dipahami melalui peninggalan sejarahnya yang merupakan warisan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah. Ada beberapa macam bentuk atau benda peninggalan sejarah yang sangat umum kita kenal selama ini. 

Pertama adalah fosil, yang merupakan sisa-sisa tulang-belulang manusia, hewan atau tumbuhan yang telah membatu. Dari fosil-fosil itulah kita bisa mengetahui kehidupan pada masa ribuan tahun yang silam. 

Kedua, peralatan atau perkakas yang dipakai pada zaman dulu, misalnya alat untuk berburu hewan, menangkap ikan dan bertani. Peralatan itu ada yang terbuat dari tulang, batu dan logam, dan dari peninggalan ini dapat diketahui kehidupan dan jenis pekerjaan atau mata pencaharian orang pada masa lampau. 

Ketiga, candi yaitu bangunan kuno yang dibuat dari bebatuan sebagai tempat pemujaan, serta penyimpanan abu jenazah raja, pendeta atau pemuka agama pada zaman dahulu. 

Keempat, arca atau patung yang umumnya dibuat dari batu dan ada juga yang dari perunggu. 

Kelima, karya sastra yang ditulis oleh para pujangga atau sastrawan pada masa lalu yang banyak menghiasi peninggalan sejarah terutama dalam bentuk buku. 

Keenam, tempat peribadatan yang dibangun pada masa lampau dan masih berdiri sampai sekarang. 

Ketujuh, makam atau komplek pemakaman juga bisa merupakan sumber sejarah dan sebagai peninggalan sejarah. 

Kedelapan, benteng, yang merupakan bentuk bangunan yang sengaja dibuat untuk keperluan pertahanan dan keamanan pada waktu menghadapi peperangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan