Mohon tunggu...
Muhammad Rofy Nurfadhilah
Muhammad Rofy Nurfadhilah Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Menulis dan membaca merupakan cara yang paling elok dalam membunuh waktu.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hari Raya Idul Adha Tiba, Simak 5 Hikmah Penting Ibadah Kurban di Dalamnya!

30 Juli 2020   09:42 Diperbarui: 30 Juli 2020   09:46 400 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hari Raya Idul Adha Tiba, Simak 5 Hikmah Penting Ibadah Kurban di Dalamnya!
Ilusrasi hewan kurban (Foto: wujudaksinyata.org)

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban merupakan momen spesial bagi kaum muslim yang merayakannya, selain Hari Raya Idul Fitri yang telah dirayakan sebelumnya. Secara perhitungan (hisab) penanggalan Hijriah, Hari Raya Idul Adha tahun ini, bertepatan dengan tanggal 31 Juli 2020.

Selain merupakan bagian dari ibadah, tentunya, ibadah kurban mempunyai hikmah tersendiri bagi yang menjalankannya. Tidak hanya untuk membina hubungan baik secara vertikal dengan Sang Maha Pencipta, namun juga mampu meningkatkan hubungan baik secara horizontal dengan sesama manusia.

Seberapa banyak hikmah yang terkandung di dalamnya, tergantung seberapa besar kaum muslim mampu memaknainya. Berikut lima hikmah penting ibadah kurban yang ada di dalamnya.

1. Bagian dari bukti kasih sayang antar sesama manusia

Ya, hal pertama adalah konsep berkasih sayang dengan sesama manusia yang diejawantahkan melalui perilaku saling memberi. Dengan adanya ibadah kurban ini, kaum yang mampu dan mempunyai kelebihan materi memberi kaum yang kurang mampu dengan daging hewan yang dikurbankannya.

Konsep ini mengajarkan manusia tentang arti sebuah persamaan, sebagai makhluk yang sama-sama merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Saling mengungguli antar satu terhadap yang lainnya seyogianya dapat luluh dengan adanya pelaksanaan ibadah kurban ini.

2. Membina hubungan baik dengan tetangga dekat maupun tetangga jauh

Tidak harus dibatasi perbedaan ras, suku, agama maupun kepercayaan, semua tetangga yang berada di sekitar orang yang melakukan ibadah kurban berhak mendapatkan daging hewan kurban. Hal ini, mampu menumbuhkan nilai-nilai persaudaraan dengan tetangga, baik yang jauh maupun yang dekat.

3. Semua akan bahagia

Di tengah pandemi ini, tidak semuanya bahagia, boleh jadi diantara kita ada yang terkena PHK atau ada yang usahanya gulung tikar. Dengan adanya momen ibadah kurban ini, jika semua daging kurban dapat didistribusikan dengan baik dan merata, maka -setidaknya- dapat memberikan kebahagiaan yang merata. Semuanya bisa bersenang-senang dengan menikmati sajian daging kurban.

4. Memutarkan roda perekonomian rakyat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan