Mohon tunggu...
muhammad rifki
muhammad rifki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I have two personalities

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Fasilitas Kampus terhadap Mahasiswa

7 Juli 2022   19:54 Diperbarui: 7 Juli 2022   20:03 1336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
diagram pie mahasiswa dari beberapa prodi, dokpri

PENGARUH FASILITAS KAMPUS TERHADAP MAHASISWA

Muhammad Rifki

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Majalengka

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas kampus terhadap kepuasan mahasiswa dan dampaknya terhadap loyalitas mahasiswa pada Universitas Majalengka. Sampel sebanyak 28 responden berstatus aktif sebagai mahasiswa di kampus Universitas Majaelngka. Mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan kemudian data dianalisis dengan perangkat lunak Google Form. Studi tersebut menemukan bahwa kualitas fasilitas kampus berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Pengaruh langsung dari variabel tersebut terhadap kepuasan mahasiswa yang dinilai secara signifikan. Kualitas fasilitas kampus berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, sedangkan kepercayaan mahasiswa tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa di Universitas Majalengka. Kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa. Efek langsung dari kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa dinilai signifikan. Dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa dapat bertindak sebagai variabel intervening antara loyalitas mahasiswa di satu sisi dengan kualitas fasilitas kampus di sisi lain.

Kata Kunci: Kualitas Kampus, Kepuasan Mahasiswa, Loyalitas Mahasiswa.

ABSTRACT 

This study aims to analyze the effect of campus facilities on student satisfaction and their impact on student loyalty at Majalengka University. The sample is 28 respondents with active status as students on the Majalngka University campus. Collected data using a questionnaire and then the data was analyzed with Google Form software. The study found that the quality of campus facilities affects student satisfaction. The direct effect of these variables on student satisfaction was assessed significantly. The quality of campus facilities affects student loyalty, while student trust does not affect student loyalty at Majalengka University. Student satisfaction has an effect on student loyalty. The direct effect of student satisfaction on student loyalty is considered significant. It can be concluded that student satisfaction can act as an intervening variable between student loyalty on the one hand and the quality of campus facilities on the other.

Keywords: Campus Quality, Student Satisfaction, Student Loyalty.

 

PENDAHULUAN

Persaingan dalam penyelenggaraan jasa pendidikan khususnya perguruan tinggi (PT) begitu pesat dan ketat. Hal ini dikarenakan banyak perguruan tinggi yang menawarkan kelebihannya masing-masing. Dalam hubungan ini, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai sarana alternatif dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dihadapkan kepada mekanisme keterbukaan pasar, sehingga persaingan lebih terjadi di PTS dibandingkan dengan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adanya persaingan ini mengharuskan para pelaku usaha jasa bidang pendidikan menciptakan suatu keunggulan tersendiri dalam bersaing dibandingkan dengan pelaku usaha jasa lainnya. Membangun pemasaran PT guna meningkatkan daya saing sumber daya manusia perlu dikerjakan oleh semua pihak, baik oleh pemerintah, PT, masyarakat dan dunia usaha perlu ikut ambil andil dalam pengembangan dunia pendidikan tinggi. Namun demikian, kemajuan yang pesat dari segi jumlah jika tidak diimbangi dengan peningkatan mutu akan membuat kondisi PTS menjadi tidak baik.

Di Majalengka, sebagai tempat dilakukannya penelitian ini, jumlah PTS jauh lebih banyak dibandingkan PTN, sehingga terjadinya persaingan antar PTS. Jika dilihat dari perbandingan kuantitas, jumlah PTS yang ada di majalengka ada  7 PTS. Sedangkan PTN yang tersedia hanya 1 yang ada di majalengka.

Namun, walau jumlah PTS masih lebih banyak daripada PTN, minat siswa/i SMU dan sederajat (calon mahasiswa/i) masih kurang antusias terhadap PTS. Jika PTS tidak berorientasi pada kepuasan pelanggan (Customer satisfaction), maka kemungkinan PTS tersebut akan kalah bersaing dengan PT lainnya (Tampubolon, 2001). Masing-masing PT baik negeri maupun swasta, harus memiliki persaingan khusus yang membedakan dengan PT lainnya. Seperti Universitas Majalengka (UNMA) yang memiliki Fakultas Teknik khususnya dalam bidang informatika. Pada era digitalisasi sekarang ini teknologi informasi, komunikasi dan sains dalam pengembangan smart city di majalengka. Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) cabang majalengka menjadi daya dorong masyarakat khususnyaa majalengka dalam menyampaikan program -- program pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun