Mohon tunggu...
muhammad ray
muhammad ray Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa universitas katolik parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 8

29 November 2022   20:57 Diperbarui: 29 November 2022   21:10 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya tidak sengaja lupa mengerjakan tugas pra-gladi saya, namun akhirnya saya mengerjakannya beberapa saat setelah deadlinenya. Tugas tersebut berisikan 2 tugas, yaitu menjelaskan syair yang menarik dari lagu Indonesia Raya 3 stanza dan tugas kedua memilih satu dokumenter singkat dan menjawab beberapa pertanyaan dengan video yang terkait. Untungnya saya tetap dapat mengikuti Geladi Hominisasi pada 27 November 2022 dari pukul 08.00 hingga 13.00. Saya mendapatkan banyak pelajaran baru dan saya ditemukan dengan teman-teman baru yang asik. Pengalaman saya mengikuti kegiatan ini tentunya sangat memuaskan dan kegiatan berjalan dengan lancar. Dan tanpa diduga kelompok saya memenangkan presentasi pada hari itu, saya merasa senang karena saya dipertemukan dengan teman-teman yang asik dan mudah diajak bersosialisasi. Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara sangat penting dilakukan karena kemampuan menggunakan logika penting agar warga negara bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak, seperti contohnya, sekarang ini banyak sekali media yang mengunggah berita palsu atau sering disebut juga dengan hoax yang dapat membuat masyarakat memiliki opini negatif dan tentunya dapat memecah belah bangsa, tetapi dengan menggunakan logika, masyarakat jadi lebih bisa membedakan apakah berita tersebut benar atau tidak. Sedangkan kemampuan menggunakan bahasa perlu karena dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat dapat berkomunikasi dengan masyarakat lainnya.

Manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi yaitu antara lain, saya mendapatkan banyak wawasan baru tentang tema-tema yang dibawakan oleh berbagai kelompok dan tentunya mendapat teman-teman baru juga. Geladi Hominisasi juga melatih saya untuk menyampaikan pendapat ketika diskusi, melatih kerja sama tim, dan mengajarkan saya cara presentasi yang baik dan benar. Kemampuan yang saya dapat dari Geladi Hominisasi tentunya akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah, yang berupa kemampuan dalam bersosialisasi dengan sesama mahasiswa dan ketika berpresentasi kita tidak boleh menggunakan bahasa-bahasa gaul, harus menguasai materi yang hendak dipresentasikan, dan percaya diri. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa sebagai warga negara adalah tentunya dengan menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi yang dilakukan setiap hari dan public speaking saya sehingga kemampuan berbahasa saya akan meningkat. Sedangkan, cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir adalah dengan membiasakan diri untuk berpikir kritis, berpikir panjang sebelum melakukan dan memutuskan sesuatu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun