Mohon tunggu...
Embassy of Uzbekistan
Embassy of Uzbekistan Mohon Tunggu... Lainnya - Instansi Pemerintahan

Kedutaan Besar Republik Uzbekistan untuk Republik Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Shavkat Mirziyoyev Meraih Kemenangan Meyakinkan dalam Pemilu Uzbekistan

28 Oktober 2021   01:01 Diperbarui: 28 Oktober 2021   01:12 69 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Courtesy of Embassy of Uzbekistan 

Tashkent, 26 Oktober -- Pemerintah Uzbekistan resmi menyelenggarakan pemilihan presiden pada Minggu (24/10/2021) dengan hasil akhir yang menunjukkan bahwa Shavkat Mirziyoyev akan menjalani masa jabatan keduanya sebagai presiden negara itu.

Sang petahana dari Partai Demokrat Liberal Uzbekistan (O'zlidep), Shavkat Mirziyoyev, meraih kemenangan 80.1 persen suara dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 80.8 persen, Komisi Pemilihan Pusat Uzbekistan mengumumkan pada hari Senin (25/10/2021).

Pengumuman yang disambut dengan acara meriah oleh Gerakan Pengusaha dan Pebisnis dari O'zlidep atas kemenangan kandidatnya yang berlangsung di kompleks Humo Arena di ibu kota Uzbekistan.

Courtesy of Embassy of Uzbekistan 
Courtesy of Embassy of Uzbekistan 

Kemenangan Mirziyoyev akan memungkinkannya untuk memperdalam kampanye reformasi yang sebagian besar berhasil dan kemungkinan menyebabkan Uzbekistan membuka lebih jauh untuk perdagangan dan investasi asing -- sambil memperkuat sentralitas sistem politik negara Asia Tengah berpenduduk 34 juta orang itu.

Selain memulai reformasi domestik, Mirziyoyev telah membangun kembali hubungan Uzbekistan yang kaya sumber daya dengan Rusia dan Barat, dengan tetap fokus pada kebijakan-kebijakan luar negeri berorientasi penguatan kawasan Asia Tengah.

Presiden berusia 64 tahun itu berkuasa sejak tahun 2016 setelah kematian pendahulunya, Islam Karimov, yang merupakan presiden pasca-kemerdekaan pertama Uzbekistan dan telah memerintah negara itu selama 27 tahun.

Courtesy of Embassy of Uzbekistan 
Courtesy of Embassy of Uzbekistan 

Dalam sambutannya, Presiden Mirziyoyev menyatakan dengan tegas "Saya ingin mengatakannya lagi: tidak ada jalan untuk kembali. Sekarang Uzbekistan hanya akan bergerak maju," seraya disambut oleh mereka yang hadir dengan sorak-sorai dan tepuk tangan meriah.

Shavkat Mirziyoyev berterima kasih kepada seluruh masyarakat di negara itu atas kepercayaan yang diberikan kepadanya: "Kepercayaan orang-orang hebat kami adalah kebahagiaan besar bagi saya! Saya mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua. Kepercayaan ini memberi saya kekuatan. Dan pada saat yang sama dengan sepenuh hati saya merasakan betapa besar tanggung jawab ini."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan