Mohon tunggu...
Muhammad Nabil
Muhammad Nabil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya basket.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro

12 Agustus 2022   17:15 Diperbarui: 12 Agustus 2022   18:14 71 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kebonlegi, Magelang (08/08/2022) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Diponegoro tim 2 Tahun 2021-2022 diterjunkan ke masyarakat pada tanggal 05 Juli – 18 Agustus. Salah satu lokasi kelompok KKN UNDIP berada di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Penyakit mulut dan kuku atau biasa disebut PMK pada hewan ternak kerap dijumpai akhir-akhir ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel. Kerugian dari dampak penyakit ini bukan hanya dirasakan oleh peternak, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, edukasi mengenai penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ini penting dimiliki. Tingkat penularan penyakit mulut dan kuku (pmk) cukup tinggi. jika ditemukan ternak terlihat lemah, lesu, kaki pincang, air liur berlebihan, tidak mau makan, dan mulut melepuh, harus segera dilakukan penanganan secepatnya. Menurut pak Daslan selaku Kepala Desa.Kebonlegi, sekitar 70% warga Desa Kebonlegi mempunyai ternak dengan komoditas domba.

Muhammad Nabil merupakan Mahasiswa KKN UNDIP jurusan Peternakan berinisiatif untuk melakukan program sosialisasi tentang PMK agar warga, khususnya peternak mengetahui tentang penyakit ini dan bisa mencegah agar PMK tidak masuk ke Desa Kebonlegi.

dokpri
dokpri

Program ini merupakan program sosialisasi yang ditujukan kepada peternak Desa Kebonlegi. Program sosialisasi ini berisi tentang pengenalan PMK, pencegahan dan penaganan PMK. Program sosialisasi ini diharapkan dapat mengedukasi betapa seriusnya penyakit PMK dan dapat mengerti cara pencegahan agar penyakit PMK tidak masuk ke Desa Kebonlegi dan mengerti cara penanganan PMK.

Hasil setelah dilakukan program sosialisasi, para warga dan peternak mengerti betapa bahayanya PMK dan melakukan pencegahan masuknya PMK yang lebih menyeluruh.

Penulis                      : Muhammad Nabil

Fakultas/Jurusan : Peternakan dan Pertanian/Peternakan

DPL                            : Triyono, S.H., M.Kn

Lokasi KKN             : Desa Kebonlegi, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan