Mohon tunggu...
Muhammad KevvyAlbie
Muhammad KevvyAlbie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universtas Ahmad Dahlan

Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Berolahraga Fitness di Masa Pandemi

25 Juli 2021   10:03 Diperbarui: 25 Juli 2021   10:16 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan dan menguatkan stamina tubuh, maka seseorang dapat melakukannya dengan berolahraga, baik itu senam, yoga, bersepeda, berenang dan berbagai jenis olahraga lainnya. Namun olahraga yang saya lirik saat ini ialah Fitness, yang mana dengan fitness saya berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina saya, selain itu dimasa pandemi ini saya rasa fitness merupakan olahraga yang lebih efektif dibanding dengan jenis olahraga lainnya, karena selain dapat dilakukan tempat fitness, olahraga ini juga bisa dilakukan dirumah. Olahraga Fitness tidak memakan banyak waktu, kita dapat melakukannya dengan beberapa set gerakan ringan dan jangan terlalu memaksakan keadaan tubuh.

Awal mula dari fitness ini ialah ketika saya melihat teman saya yang mengunjungi tempat fitness di komplek rumah saya, kemudian akhirnya saya memutuskan untuk ikut dengan dia, pada hari pertama saya hanya sekedar mencoba-coba saja. Namun saya sekarang merasa bahwa olahraga fitness ini cocok bagi saya, sehingga pada akhirnya pun hal ini juga menjadi hobby bagi diri saya sendiri.

Olahraga tentunya juga harus diseimbangi dengan istirahat dan pola makan yang teratur, maka dari itu saya juga menjadwalkan waktu makan saya dan jam tidur saya agar kebugaran dan kesehatan tubuh lebih terjaga. Ketika berolahraga saya juga memaksimalkan beberapa gerakan terutama plank, Bench Press, Squat Jump, dan Pull Up. Berbagai gerakan yang tepat akan memaksimalkan tubuh dalam membentuk otot dan tubuh pun akan mengeluarkan keringat sehingga kesehatan tubuh lebih terjaga.

Dwi Anggoro dalam bukunya yang berjudul Fitnes di Rumah (2011) menyebutkan Fitnes secara rutin dan teratur memang memiliki banyak manfaat, tetapi apabila dilakukan secara tidak tepat malah akan menjadi sebaliknya, fitness yang ideal adalah fitness yang membuat kita mencapai apa yang kita inginkan. Dimasa pandemi seperti saat ini tentunya kita dapat memaksimalkan berbagai olahraga dirumah saja, seperti melakukan push up, sit up, jump rope, dan lainnya.

Menurut saya pribadi olahraga fitness ini juga menjadi suatu hal yang dapat dilakukan berbagai kalangan di rumah tanpa harus bepergian ke sanggar gym atau tempat khusus, karena tidak semua gerakan harus menggunakan alat-alat yang terdapat di gym, terdapat beberapa gerakan ringan yang dapat kita lakukan dirumah. 

Namun apabila kita tetap bersikeras untuk berolahraga di gym maka tentunya kita juga harus menjaga jarak, menggunakan masker dan mentaati protokol kesehatan yang diterapkan disana.

Akan tetapi dalam hal ini saya lebih menyarankan kepada teman-teman sekalian agar tetap berolahraga dirumah saja. Fitness dirumah? Kenapa tidak? Tentunya dengan tetap berada dirumah kita sudah ikut andil dalam menjaga sesama dan mencegah penularan virus covid-19. Saya yakin tidak ada satu orang pun yang menginginkan terkena penyakit ini bukan? 

Maka apabila begitu, alangkah baiknya kita tetap memperhatikan segala protokol kesehatan dan terus berupaya agar tubuh tetap sehat dan fit. Fitness pada dasarnya sebagai pendukung tubuh dalam mempertahankan keadaan dan imunitas yang ada, yang paling utama ialah tetap istirahat yang cukup dan makan dengan teratur sehingga tubuh pun dapat bekerja dengan baik.

Dimasa pandemi ini tentunya kita juga dapat menghilangkan rasa bosan kita dengan berolahraga, apabila anda bosan ketika berolahraga sendirian maka carilah partner yang anda kenal supaya dapat berolahraga bersama anda, tentunya dengan begitu kita akan menjadi lebih semangat dalam berolahraga. 

Satu hal yang menjadi sangat penting ketika anda ingin berolahraga fitness ialah melakukan pemanasan, dengan begitu maka anda sudah mempersiapkan tubuh anda untuk melakukan hal-hal yang lebih berat seperti angkat beban maupun gerakan lainnya. 

Selain dari pada itu kita juga harus memahami bahwa dengan melakukan pemanasan sebagai langkah atau gerakan awal dalam berolahraga, maka kita juga menghindarkan tubuh dari berbagai cidera yang dapat ditimbulkan nantinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun